Cara Membaca Tab Guitar Untuk Pemula

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 1/23/14 | January 23, 2014

Pada dasarnya istilah gitar tab diambil dari singkatan Guitar Tablature yang berisi simbol-simbol dalam memainkan Alat Musik Khususnya gitar, sehingga dapat memudahkan para pemain Guitar untuk menuangkan inspirasinya baik itu berupa Chord maupun Melodi.Jadi dengan adanya Tab anda bisa lebih mudah untuk belajar bermain gitar, apalagi sekarang ini sudah banyak sekali  tab-tab yang bertebaran di internet anda hanya perlu browsing untuk mendapatkan apa tab yang anda perlukan, apakah itu berupa Lagu, sampai teknik -teknik permainan Para Guitarist master bisa dengan mudah anda dapatkan.

Bagaimana cara membaca Guitar Tab?, Mungkin sebagian besar dari sahabat sudah banyak mengetahui tentang bagaimana membaca gitar tab, namun tidak ada salah jika saya mencoba untuk Sahare lagi, siapa tahu, masih ada teman - teman guitar lover di luar sana yang masih membutuhkan pengetahuan seperti ini.

Pada dasarnya gitar tab terdiri dari 6 Garis Mendatar, disimbolkan  senar yang akan kita petik, Dan Angka yang ada dalam garis tersebut adalah simbol Kolom Mana yang perlu kita tekan. Yang perlu di perhatikan dalam gitar tab adalah saat membacanya, itu berbanding terbalik saat anda meminkan gitar, Dimana pada Garis Pertama (Garis Paling Atas) adalah Senar 1 , dan garis Ke  Enam adalah Senar Keenam (Garis Paling Bawah), Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan Contoh Gambar gitar Freet Board dan tab di bawah ini :

Scale  gitar Mayor
C Mayor scale

Tab C Mayor Scale


Tab di atas adalah tab C Mayor Scale. Di situ anda melihat  
  • Garis Pertama Menuliskan angka 8 dan 10, Artinya anda harus Menekan Kolom 8 lalu menekan lagi Pada Kolom 10
  • Garis Kedua disitu di tulis anga 7 , 8 dan 10, itu artinya anda harus menekan Kolom 7 Kemudian 8 dan terakhir tekan lagi 10, jadi penerapannya seperti pada point pertama di atas. Begitu seterusnya pada Garis  yang lainnya.
Di atas telah saya jelaskan bagaimana membaca tab untuk Scale, Nah, Bagaimana Dengan Chord?. Itu lain lagi, Meskipun pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan yang  di atas, Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh gambar di bawah ini!.

Di bawah ini adalah salah satu contoh Chord C Mayor.

Chord  gitar Mayor
Chord C Mayor

Chord Mayor
Tab Chord C Mayor

Untuk penulisan Tab Chord, Tidak jauh berbeda penerapannya  dengan dengan Tab  Scale, yang membedakannya yaitu saat anda menemukan Tab, dengan pola Penulisannya Sejajar Seperti gambar di atas, maka sudah dapat kita pastikan bahwa disitu anda harus memainkan Chord Bukan Scale. Cukup Mudah Bukan?

Namun meskipun demikian, ada satu kekurangan yang dimiliki guitar tab, yaitu Tidak adanya Ritme, sehingga untuk memainkan sebuah lagu, anda diwajibkan untuk mendengarkan terlebih dahulu lagu tersebut. hal itu berbeda Jika anda mampu membaca Partiture atau Not Balok, karena sudah dilengkapi dengan Ritme, Key, dan jadi tidak perlu lagi mengetahui lagu tersebut, anda cukup membaca Partiturnya. itulah enaknya jika anda bisa membaca Partitur.

Jadi saya rasa sudah cukup jelas mengenai gitar tab. Sebenarnya untuk pembahasan Tab gitar tidak berhenti sampai disini, Masih banyak lagi yang tidak saya jelaskan,Utamanya simbol-simbol dalam Tab, seperti Bagaimana Simbol Bending, Tril, Hammer, Pull Off dan masih banyak simbol yang lainnya. Mungkin akan saya jelaskan di pertemuan selanjutnya.
Blog, Updated at: January 23, 2014