Metode latihan Yang Benar

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 1/24/14 | January 24, 2014

Di dalam Dunia Gitar, Latihan merupakan Satu Faktor Penentu terhadap kualitas dari seorang gitaris tersebut, Buah dari Latihan tersebut akan ditentukan terhadap cara sahabat Berlatih selama ini,  Latihan itu ibaratnya Pupuk dengan tanaman, yang mana akan tumbuh subur dan berkembang dengan baik Jika kita berikan secara teratur dan sesuai dengan ketentuan. Saya rasa itu tidaklah jauh berbeda dengan gitar, Metode latihan juga mempengaruhi terhadap perkembangan permainan saudara nantinya.

Sejauh ini ada beberapa tahap yang menurut saya sangatlah efektif untuk menerapkan metode latihan tersebut antara lain:
  1. Menggunakan Gitar Backing Track/Gitar Jaming
    Backing track menurut saya satu cara atau metode latihan yang sangatlah sederhana namun sangat efektif guna untuk menjaga dan mengatur tempo sahabat saat memainkan gitar, sehingga pada saat  sahabat bermain dengan grup, sahabat lebih cepat menemukan dan se-irama dengan tempo dari setiap lagu yang sahabat coba mainkan.


  2. Jangan Terlalu Mengandalkan Feeling
    Mungkin Banyak dari sahabat yang Kurang sependapat dengan Yang satu ini, Tapi begitulah yang saya dapatkan dari Master gitar saya di Yamaha Mussic School jauh sebelumnya, feeling memang diperlukan dan sangat identik terhadap kepekaan kita terhadap suatu nada, namun menurut saya itu sangatlah kurang efektif, artinya Feeling kadang Kurang Akurat, Kalau Sekedar Chord Gitar yang dasar saja mungkin bisa, tapi bagaimana saat sahabat memainkan melodi yang cepat,, saya rasa jawabannya sudah sahabat tahu sendiri meskipun tidak saya jawab. selain itu jika kita menggunakan feelling untuk mencari suatu lagu dan semacamnya, akan menyita waktu yang lama, jadi saat sahabat latihan sebaiknya sahabat langsung saja mencari tabnya saja, karena bisa menjamin kekauratan serta tidak menyita waktu sahabat
  3. Jangan Terlalu Sering Mengulang
    Terlalu sering mengulang-ulang yang saya maksud disini adalah berusahalah untuk tidak terlalu sering mengulang baik Itu Lagu ataupun Teknik-teknik Gitar yang sudah Dikuasai,sebelumnya, itu juga menjadi Faktor Penghambat terhadap perkembangan permainan gitar kita, sebaikny jika sahabat telah menguasai Teknik atau lagu tersebut, Maka cobalah untuk mencoba untuk menguasai Beberapa Teknik Gitar ataupun lagu Yang Lainnya.
  4. Kreatiflah
    Hal tersebut sudah tidak bisa kita bantah lagi, Kreatif adalah satu modal utama untuk menjadi yang terbaik dimasa yang akan datang, Kreatif itu mencakup luas dan tidak menuntut anda untuk menciptakan suatu teknik-teknik yang baru, Melainkan harus kreatif mengembangkan apa yang sahabat temukan jadi lebih Luas, dengan demikian secara tidak langsung, sahabat akan menciptakan gaya atau Khas sahabat sendiri saat sahabat bermain gitar. dan bukan tidak mungkin bahwa anda akan menjadi seorang gitaris yang ber-karakter.

  5. Perbanyaklah Teknik
    logikanya sangatlah sederhana, Bagaimana sahabat bisa Kreatif jika sahabat ternyata masih Sangat Miskin Teknik, teknik memicu kreatifitas sahabat saat memainkan gitar jadi cobalah untuk memperbanyak lagi teknik-teknik sahabat, dan saya rasa untuk menemukan teknik tersebut, sangatlah mudah, dan saya rasa, sahabat tidak perlu lagi dituntun mengenai teknik ini, ada banyak sekali kok yang membahasnya, apalagi di youtube, disitu sahabat bisa mencari teknik-teknik yang menurut sahabat perlu dipelajari.
Saya rasa hanya itu saja yang sempat saya sampaikan kepada sahabat gitar lover sekalian, jika ada yang kurang sahabat bisa menambahkannya melalui kotak komentar di bawah ini. akhir kata salam gitar lover
Blog, Updated at: January 24, 2014