Cara Memperbaiki Pickup Gitar Yang Rusak

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 10/21/13 | October 21, 2013

Kali ini saya akan mencoba untuk share sekaligus berbagi sedikit pengalaman mengenai bagaimana cara memperbaiki Spool/Pickup Guitar yang  tidak bisa mengeluarkan suara pada saat dihubungkan dengan Guitar amp. Sebenarnya kejadian seperti ini menurut saya sangat jarang terjadi, yang bermasalah biasanya ada pada lehernya apakah jadi bengkok, atau guitar mengalami yang namanya Freet buzz,
  • Silahkan Baca Penyebab Dan cara Mengatasi guitar Yang Melengkung
Jadi memang jarang kejadian seperti ini, kecuali jika anda pernah melakukan hal-hal yang ternyata dapat menyebabkan Pickup guitar anda menjadi rusak tanpa disengaja.

Cara Memperbaiki Spool Gitar Yang Rusak
Contoh pickup Hambucker

Contohnya saya sendiri baru-baru ini pernah mengalami hal tersebut. terusterang saya lumayan kaget juga, karena saya tidak tahu kenapa itu bisa terjadi pada guitar saya. tapi setelah saya ingat - ingat ternyata  penyebabnya ada pada saya sendiri yaktu saya mencoba untuk membersihkan guitar dari debu-debu yang menempel dengan mengorek-ngorek lobang pada bagian Spool, untuk mengeluarkan tumpukan debu yang ada di sana, Mungkin karena saya  terlalu bersemangat membersihkannya atau terlalu keras saat di korek, akhirnya ada kumparan yang terputus sehingga koneksi menjadi tidak terhubung.

Awalnya saya berniat untuk membeli pickup yang baru saja, tapi berkat bantuan dari teman yang menyarankan untuk mencoba memperbaikinya saja, akhirnya setelah di coba, hasilnya lumayan dan hebatnya segi suara yang dihasilkan ternyata tidak kalah dengan Spool saya sebelumnya, walaupun itu adalah sebuah Spool rakitan  sendiri.

Sebenarnya untuk memperbaiki Spool yang rusak caranya tidak terlalu sulit,  tidak harus hebat dalam bidang eletronik yang penting anda telah memiliki beberapa bahan yang di perlukan dan bisa menggunakan solder, itu saja sudah cukup.

Apa saja bahan yang perlu anda persiapkan??
  1. Kumparan atau gulungan
    Ada bayak kumparan atau gulungan yang di jual di toko-toko eletronik jadi cukup mudah untuk kita dapatkan, Tapi sebaiknya gunakan gulungan yang berukuran kecil, semakin kecil semakin bagus,
  2. Plaster/Lakban
  3. solder dan Timah
  4. Timbangan
Jika seluruh bahan dan alat yang diperlukan telah anda persiapkan selanjutnya kita langsung ke proses perakitan.
  1. Silahkan bongkar guitar anda.
  2. Buka pelindung yang ada di belakang Body.
  3. Pastikan terlabih dahulu, Pastikan apakah Spool anda benar-benar telah rusak, anda bisa menggunakan Avometer untuk mengetahuinya Caranya Hubungkan kedua ujung kebal yang ada pada Spool ke Avometer jika tidak terjadi pergerakan pada jarumnya, berarti Pickup anda benar-benar telah rusak, Tapi jika sebaliknya sebaiknya jangan melanjutkannya ke tahap selanjutnya.
  4. Untuk berjaga-jaga sebaiknya anda ambil terlebih dahulu gambar nya, karena jangan sampai, anda lupa hubungan kabel dengan komponen yang lain.
  5. Bongkar spool lepaskan keseluruhan dari kumparan yang ada.
  6. Ganti menggunakan Spool yang baru dengan cara menggulungnya dengan manual, jangan menggulung dengan terburu-buru, karena jika terputus di tengah jalan, maka dengan terpaksa anda harus mengulangnya dari awal lagi, jadi sebaiknya anda melakukannya dengan perlahan saja, saya pribadi menggunakan Spool tipe Hambucker jadi membutuhkan waktu sampai dua hari,
  7. Gulung hingga penuh dan padat, semakin padat semakin bagus sound yang di dapatkan nantinya.
  8. Jika anda menggunakan Pickup Hambucker sebaiknya saat melakukan proses penggulungan, Usahakan dari kedua Pickup yang menempel mempunyai Berat yang sama, anda bisa menggunakan timbangan untuk mengukurnya.
  9. setelah Proses penggulungan telah dilakukan, saatnya kita menghubungkan kedua sisi pickup dengan cara mennyambungkan ujung Spool pickup pertama  dengan Ujung Spool Pickup Kedua dengan menggunakan Solder.
  10. Ambil Lakban, Kemudian balut sisi  pickup gunanya untuk melindungi Spool yang telah di lilit tadi,
  11. Pasang kembali pickup pada body guitar.
Silahkan anda mencobanya, mudah-mudahan dengan adanya tulisan ini bisa memberikan sedikit manfaat dan bisa membatu memecahkan masalah pickup anda.

Sekian dan semoga Berhasil Salam!!!!!!!!!!!
Blog, Updated at: October 21, 2013