Memahami Penggunaan Scale Blues

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 3/15/16 | March 15, 2016

Salam Guitar Lover,, Setelah sahabat memahami dan mengetahui bagaimana itu Mayor Scale baik itu bagaimana Susunannya serta bagaimana kita menerapkannya pada Gitar, Lihat Di Sini Belajar Scale Mayor untuk tahap selanjutnya, kita akan membahas satu Scale Lagi, Scale tersebut adalah Blues Scale, Saya yakin sahabat semua sudah tahu apa itu blues dan bagaimana ciri Khas dari Blues itu sendiri, olehnya itu saya rasa kita tidak perlu lagi membahas apa itu Blues dan sebagainya.


Untuk tangga nada atau Scale dari Blues itu sangatlah simple dan sangat lah mudah untuk kita mengerti, Masih ingat yang pernah kita bahas Mengenai Pentatonic?? lihat dulu sini Pentatonic Mayor Dan Minor Ya, Blues itu bisa bisa kita katakan Kembangan dari Pentatonic itu sendiri, namun kita hanya perlu  menambahkan satu nada yang biasanya kita kenal dengan istilah Blue Not, sehingga dengan adanya Not tersebut membuat alunan nada yang tadinya berupa Pentatonic, berubah menjadi jauh lebih  Bluesy, jadi Sahabat hanya perlu mengingat akan hal itu, tidak perlu di per rumit. Nah! untuk lebih jelasnya sahabat Lihat dibawah ini.


Blues Scale


coba sahabat bandingkan dengan Pentatonic, Untuk tangga nada atau Blues Scale, seperti yang saya katakan tadi di atas bahwa ada penambahan nada, yakni Blue Not, Nah Gambar di atas, sudah jelas bahwa Not yang kita tambahkan itu adalah not D# (D Kruis), tapi yang perlu sahabat perhatikan disini adalah Blue Notnya, di atas itu adalah dasarnya saja untuk sahabat yang baru belajar di blues. jadi sahabat hanya perlu mengikuti pola tersebut di atas.

Nah,, selanjutnya mungkin sebagian dari anda pernah menemukan satu buah melodi bernuansa blues, namun ternyata jika kita tela'ah lebih lanjut susunan atau pola dari melodi tersebut, ternyata polanya tidak sesuai dengan gambar yang ada di atas, nah,, jika seperti itu, saya akan coba perjelas lagi, mengenai hal tersebut ada satu hal yang perlu sahabat ketahui, sebenarnya kuncinya untuk bermain blues itu hanya ada satu, yakni pada Blue Notnya, kita harus paham dan mengerti bagaimana kita menempatkan Blue Not tersebut, misalnya perhatikan gambar di bawah ini.

tangga Nada Blues

Saya sangat yakin, salah satu dari pembaca pasti pernah menemukan Susunan Not seperti itu, Pertanyaannya adalah apakah Hal tersebut masih bisa kita katakan sebagai Pola Blues Scale?,, Saya jawab Ya!! itu masih merukapan salah satu Blues Scale, Lho?  Bukannya Tidak sesuai dengan Pola Scale yang sebenanya? Memang benar, tapi itulah tadi mengapa saya mengatakan bahwa untuk Bisa menguasai Blues kita harus Menguasai Penempatan Blue Not tersebut karena blues itu ada pada Blue Not nya, Bingung?? begini,, saya perjelas lagi!.

Perhatikan,, Blue Not itu Menurut saya bisa kita tempatkan di mana saja,, Dengan catatan Blue Not tersebut harus melalui pola nada pada Scale Pentatonic, artinya Blue Not tersebut tidak boleh kita jadikan sebagai Ending atau Akhir dari setiap Melodi, melainkan hanya suatu jembatan atau penghubung saja terhadap Nada yang selanjutnya, misalnya, contoh pada gambar kedua di atas, kita melihat disitu ada penambahan nada setengah sebelum Root atau Dasarnya (G#), Nah Nada G # tersebut adalah Jembatan Penghubung atau biasa kita kenal dengan sebutan Passing Tone, ke Nada A atau G. baik itu melalui Bending, Slide Up, ataupun Slide Down.

Intinya Blue Not itu adalah penghubung saja, yang memberikan Nuansa yang jauh lebih Bluesy dibandingkan jika tidak ada sama sekali.  jadi Coba Ambil Gitarnya lalu Bereksperimenlah, dengan berusaha untuk menempatkan beberapa penempatan blue Not tersebut. jadi Cukup jelas saya rasa mengenai Pelajaran Blues untuk pertemuan kali ini, Tapi untuk lebih jelasnya lagi, jika sahabat masih ada yang kurang paham mengenai penjelasan yang telah saya urai di atas, anda bisa langsung bertanya di bawah,, saya akan coba perjelas lagi,, karena saya rasa jika kita bahas satu-persatu disini, akan sangat panjang, Cukup sekian Akhir kata salam Guitar Lover
Blog, Updated at: March 15, 2016