Penyebab dan Cara Setting Gitar Selalu Fals (Intonasi)

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 3/13/14 | March 13, 2014

Saya pernah Menemukan salah seorang teman yang merasa kesal dengan gitarnya, yang konon katanya jika Saat Di Setem atau Di Tuning, Ada beberapa nada yang Fals, alias sumbang, katanya Pada saat di Los Senar, Tunenya Nomal-normal saja, tapi jika kitabermain pada bagian kolom-kolom yang terakhir, (12 ke atas) kadang nada yang dihasilkan itu kurang akurat, katanya Nadanya lebih tinggi jika dibandingkan waktu di los senar. Nah,, Berdasarkan kejadian itulah, saya sengaja Menulis artikel ini, guna untuk memberikann sedikit pemahaman, atas kejadian tersebut di atas, dan semoga saya berharap dengan adanya tulisan ini, bisa memberikan manfaat kepada seluruh sahabat pecinta guitar yang ada di tanah air, yang memiliki kendala yang serupa.

Jika kita lihat cerita di atas, sebenarnya hal tersebut bisa kita pecahkan atau bisa kita tanggulangi, dengan cara yang cukup sederhana menurut saya, dengan catatan, anda harus pahami dahulu Karakter dari gitar sahabat masing-masing, karena menurut pengalaman saya sendiri di dunia gitar, pada dasarnya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut bisa saja terjadi pada gitar, jadi sahabat perlu ingat akan hal itu. 

Di dalam dunia Gitar itu, Khususnya pada bagian Settingan, kita mengenal yang namanya Setting Intonasi, artinya dimana kita harus menyesuaikan Nada yang Terdekat dengan Neck sampai yang paling terjauh sehingga nada yang dihasilkan oleh gitar tetap sama, alias tidak bertambah tinggi ataupun bertambah rendah, tapi sebelum kita bahas masalah tersebut lebih lebih lanjut lagi, saya harapkan agar sahabat untuk senantiasa mengecek beberpa hal terlebih dahulu yang menurut saya sangat penting, antara lain :

  1. Pastikan Terlebih dahulu bahwa Leher atau Neck Gitar yang bersangkutan tersebut dalam kondisi yang normal, atau tidak Bengkok, Biasanya dan Kebanyakan yang terjadi pada Gitar yang tidak bisa akurat dalam hal Tuningnya, itu disebabkan karena leher gitar Melengkung Cekung, sehingga jarak senar terhadap Tuts menjadi Menjauh, sehingga bukan tidak mungkin bahwa ketika senar kita tekan, nada yang dihasilkan Pada senar tersebut akan bertambah tingginya, dan akhirnya membuat Nada menjadi tidak natural. Olehnya itu sebaiknya Cek Bagian ini terlebih dahulu, karena meskipun kita telah melakukan setting Apapun, jika Neck Guitar anda dalam kondisi yang kurang normal, itu sama juga Boong. Silahkan Lihat Mengatasi Gitar Yang Melengkung

  2. Pastikan juga bahwa jarak senar dengan Neck gitar tidak terlalu jauh, karena hal itu juga sangat mempengaruhi Kualitas Not yang akan dihasilkan, Tapi jangan juga terlalu rendah Guys, karena itu juga bisa menyebabkan Freet Buzz, jadi setting yang sewajarnya saja, tidak terlalu tinggi dan terlalu rendah, Idelnya jarak antara Neck dengan Senar kurang lebih 4,5mm sampai 4mm, itu adalah Tuning yang standard, tapi jika kurang nyaman sahabat juga bisa menguranginya sedikit, tapi ingat, jangan sampai melewati 3 mm. Untuk mengatur ketinggiannya, sahabat bisa mensetnya pada Bridge.
Jadi pastikanlah hal tersebut terlebih dahulu sebelum kita melakukan Setting Intonasi pada gitar sahabat, jika memang sudah dirasa Normal, sekarang kita langsung saja, untuk melakukan Setting intonasi.

Caranya  :
sangatlah mudah dan sederhana, sahabat hanya perlu Menggeser Sadle Guitar sahabat, Itu lho Tempatnya waktu kita memasukkan senar, dengan Catatan "Jika Nada yang dihasilkan Cenderung Lebih Tinggi maka Geser Sadlenya Menjauh dari Pickup, Begitu Juga sebaliknya, Jika Nada Yang dihasilakan Rendah, Maka Geser Sadle Gitarnya Lebih Mendekat Ke Pickup". intinya seperti ini, semakin Dekat atau semakin kita memajukan Sadle Bridge, maka Nada Semakin Tinggi, dan begitu juga sebaliknya.

Jika Sudah, waktunya Untuk Mencoba melakukan Pengecekan apakah Intonasi pada gitar sudah benar atau tidak, Coba Lakukan Tuning, kemudian Tekan pada Kolom 12, jika Nadanya sudah Menjadi E,, maka selamat, Gitar sudah dalam Intonasi yang tepat, tapi jika tidak Lakukan Sett Lagi, seperti di atas. Cukup Mudah Bukan,, Ya memang seperti itu. tapi jika memang setelah sahabat melakukan tahap-tahap tadi, namun tidak memberikan jawaban yang memuaskan, atau masalahnya tetap saja sama, itu berarti yang bermasalah itu adalah Tutsnya.

Artinya Jarak antar Freet pada gitar anda, tidaklah ideal sebagaimana mestinya. wahh kalau itu yang terjadi,, itu sama saja yang menjadi masalah adalah Bagian Leher Gitarnya,, dan untuk mengatasinya tidak ada jalan lain selain harus mengganti Neck Gitarnya, Yaaaaa mau apa lagi, soalnya memang seperti itulah,, tapi semoga saja,, para sahabat yang membaca tulisan ini, tidak mengalami hal seperti itu.

Akhir Kata Salam Gitar Lover
Blog, Updated at: March 13, 2014