Mengatasi Gitar Listrik Tidak Bersuara

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 2/21/14 | February 21, 2014

Salam Guitar Lover, apakah sahabat mengalami masalah seperti yang saya tulis di atas? Jika Memang benar itu berarti ada beberapa hal yang perlu sahabat perhatikan disini,, sekedar share aja Masalah seperti itu pernah saya alami sebelumnya, dan cukup mengesalkan, Kita Sudah siap Main,, Ehh gitarnya yang ngambek. , dipetik bagaimanapun yang terdengar hanya getaran senar gitarnya saja. tidak ada suarapun di amp, jadi membisu gitu, meskipun ada suaranya itu kecil banget.

Terkait dengan masalah tersebut, Kalau berdasarkan pengalaman pribadi sih,  kita bisa rangkum beberapa penyebab mengapa Gitar menjadi seperti itu,, mulai dari Senar yang kita pakai, Ada Kabel Komponen Yang terlepas, Pickup Bermasalah atau rusak.Yang saya jelaskan tadi bisa menjadi  penyebab mengapa Gitar sama sekali tidak bisa mengeluarkan suara,
  1. Gitar Tidak Bersuara karena Senar

    Senar itu ada beberapa tipe, dalam hal ini adalah kandungan yang terkandung di dalammnya, ada yang terbuat dari Besi seng, ada juga senar yang  terbuat dari Aluminium,, senar yang cocok untuk gitar listrik adalah senar yang padat kandungan kadar besinya,, mengapa?? tentunya itu ada kaitannya dengan pickup,, karena pickup itu proses kerjanya  berbeda dengan Mic, Pickup Gitar itu menangkap suara  berdasarkan getaran yang di hasilkan oleh senar,, Namun meskipun senar tetap bergetar tapi kadar besi yang ada pada senar tersebut sangat kurang, maka magnet yang ada pada pickup gitar kurang bisa mendeteksi getaran yang dihasilkan oleh senar tersebut, olehnya itu coba cek dulu senar yang ada pada gitar. apalagi jika Pickupnya di setting jauh, makanya itu pakailah senar yang berkualitar

  2. Gitar Tidak Mengeluarkan Suara karena Ada Kabel Komponen Yang terlepas

    Untuk mengetahui nya, Cobalah untuk membongkar gitar mu, lalu pemeriksa dengan seksama bagian kabel-kabel yang terpasang,,  saya menyarankan kepada sahabat untuk fokus pada kabel yang menghubungkan Pickup ke Volume, karena itu yang mememiliki potensi terbesar terhadap masalah tersebut.

  3. Gitar Tidak mengeluarkan Suara Karena Pickup bermasalah (rusak)

    Kalau sahabat telah mengecek ke dua bagian di atas, itu berarti ada komponen yang rusak khususnya bagian Pickupnya,Kalo itu sih, menurut saya sangatlah fatal kejadiannya karena yang rusak itu bisa kita katakan jantungnya gitar sahabat,, untuk mengetahuinya, coba deh gerakkan pickup selectornya, jika awalnya berada di bawah, coba naikkan ke atas,, kalo ternyata gitar bersuara,, berarti memang benar pickup sahabat sudah rusak, nah untuk mengetahui bagian pickup mana yang rusak sangat mudah,, itu bisa kita ketahui dari arah Pickup Selector,, Kalo arahnya Ke atas berarti Pickup Yang berfungsi itu adalah Pickup yang paling dekat dengan Neck begitu juga dengan sebaliknya.

Untuk mengatasinya,, Kalo tidak mau repot yang langsung beli saja Pickup Yang baru,, Tapi kalo mau Hemat Biaya, Pickup yang rusak itu bisa kita perbaiki Kok,, caranya  pernah saya jelaskan di Thread Sebelumnya di Memperbaiki Spool Gitar Yang Rusak, Kalo berminat silahkan sahabat coba sendiri,, pernah kok saya coba dan hasilnya bisa luar biasa ternyata menyaingi sound Pickup saya sebelumnya.

Saya rasa itu saja, yang menyebabkan Gitar tidak bisa mengeluarkan suara,, jika ada yang kurang jelas jangna ragu untuk bertanya, saya akan mencoba untuk membantu. cukup sekian salam!!
Blog, Updated at: February 21, 2014