Penyebab dan Cara Mengatasi Gitar Yang Melengkung

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 10/21/13 | October 21, 2013

Apakah Gitar anda sekarang ini melengkung?? Mengesalkan memang jika itu terjadi, kita tidak bisa bermain dengan maksimal seperti biasanya, Pada dasarnya ada dua jenis titik lengkung yang bisa saja terjadi pada gitar anda, ada yang melengkung cembung, dan ada juga yang cekung. Tentunya juga memberikan dampak yang berbeda satu sama lain. Gitar yang melengkung cekung dapat menyebabkan  Senar menjadi bertambah tinggi dari sebelumnya Khususnya yang ada di bagian tengah-tengah leher gitar, senar menjadi jauh lebih keras saat di tekan yang dapat menyebabkan pegal pada jari-jari jika gitar tersebut terus di mainkan, dampaknya bukan cuma itu saja, Point terpenting dalam memainkan gitar yaitu nada yang dihasilkan akan menjadi sumbang atau fals alias out of tone.


Gitar yang melengkung cembung biasanya membuat suara pada senar menjadi buzz, atau terdengar seperti ada sesuatu yang menjanggal tepat di belakang kolom yang anda tekan, atau bisa kita katakan senar menjadi kandas pada permukaan tuts yang membuat tone gitar menjadi aneh,
Oleh karena itu disini saya akan mencoba untuk share bagaimana cara mengembalikan kondisi gitar yang melengkung itu menjadi normal kembali seperti sedia kala.



Bagaimana cara mengatasinya? Sebenarnya sangatlah mudah, Coba anda perhatikan, Pada bagian leher gitar atau neck, tepatnya pada bagian kepala, disitu terdapat satu buah mur atau biasa dinamakan Trus rod,  letaknya tertanam tepat di tengah-tengah leher gitar anda, yang memang mempunyai fungsi utama untuk meluruskan kembali gitar anda. Mur itulah yang akan kita setem nantinya sesuai dengan kondisi gitar apakah itu cekung atau cembung. Jika anda memang pemula memang wajar jika belum  mengetahuinya, apalagi letak mur tersebut di tutupi oleh lapisan plastik di atasnya sehingga cukup sulit untuk dilihat.


Gitar yang melengkung umumnya disebabkan karena


  1. Anda memakai senar yang berukuran besar atau terlalu besar sehingga Neck tidak sanggup untuk menahan tegangan yang disebabkan oleh senar tersebut, Jika memang begitu, saran saya sebaiknya anda ganti dahulu dengan ukuran yang standar saja yang biasanya yang berukuran 0,09.
  2. Gitar terlalu sering bersandar di dinding sesaat setelah dipakai, yang lambat laun bisa berakibat membengkokkan leher gitar sahabat.

    Untuk mengatas Gitar Yang Melengkung Caranya :
  1. Lepas terlebih dahulu pelindung Truss Rod.
  2. Ambil Kunci L, Kemudian KENDORKAN Mur tersebut Jika gitar melengkung CEKUNG.
  3. Sebaliknya Jika Gitar melengkung CEMBUNG maka KUATKAN mur.
Saya rasa cukup mudah untuk dipahami, tapi perlu Di ingat!!! jangan langsung memutarnya 180 derajat sekali putar, Lakukan sedikit-demi sedikit jika belum ada perubahan putar lagi, sampai anda merasa bahwa gitar benar-benar telah lurus.

Blog, Updated at: October 21, 2013