Belajar Tangga Nada Mayor

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 11/20/13 | November 20, 2013

Jika kita berbicara tentang tangga nada atau Scale, tangga nada Mayor memang merupakan satu tangga nada yang mempunyai peranan penting terhadap dunia musik, Bagaimana tidak, Banyak kalangan musisi Tanpa terkecuali para Pecinta guitar yang menyatakan bahwa tangga nada ini adalah Induk dari beberapa tangga nada yang ada, misalnya, Blues, Pentatonic, Jazz, dan masih banyak jenis tangga nada yang lainnya. inilah yang menyebabkan mengapa tangga nada Mayor dikatakan The Mother Of Scale.

Sahabat Guitar Lovers, apa itu tangga nada mayor?. pada dasarnya tangga nada mayor adalah tangga nada yang mempunya jarak atau interval  1 - 1 - 1/2 -1 - 1 - 1 - 1/2, yaitu nah! dimana letak pentingnya tangga nada mayor ini? jika anda bertanya demikian, maka silahkan anda lihat pembahasan saya pada artikel sebelum ini yaitu Dasar Pembentukan Suatu Chord, disitu saya membahasa bagaimana anda bisa menemukan Chord tanpa menghapalakannya satu persatu, tapi bagaimana bisa, jika Mengenai tangga nada mayor saja anda belum mengetahuinya sama sekali. Oleh karena itu, Jika anda memang masih sangat buta tentang apa itu tangga nada mayor dan bagaimana itu tangga nada mayor, maka silahkan anda lihat Video di bawah ini.



Mengenai Bagaimana itu Guitar Scale Mayor, saya rasa sudah cukup jelas, Namun Karena contoh di atas sangat singkat, jadi saya akan memberi sedikit tambahan, agar sahabat Sesama Pecinta Guitar bisa lebih memahami lagi, tentang tangga nada mayor ini, Khususnya bagi anda yang masih pemula.


Nah bagaimana menerapkannya saat anda memainkan Melodi, Itu cukup mudah, tergantung dimana anda menempatkan Root sebagai nada dasarnya dan selama Pola Chord tersebut masih mengikuti Pola Progresi Chord Standar, atau belum mengalami perubahan sama sekali,Sebagai Contoh Progresi Standar yaitu CM,Dm,Em,FM,GM,Am,BDim,  anda Cukup memainkan Scale C Mayor Saja, walaupun Chord tersebut berpindah-pindah.

Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan Khususnya bagi pemula, untuk menguasai terlebih dahulu tangga nada yang satu ini. Sekadar saran !!! Untuk memaksimalkan permainan Para Teman Guitar Lover, sebaiknya saat melatih Scale ini, Usahakan lah bermain 2-3 Octav mulai dari senar Keenam Sampai senar Pertama, Selain itu usahakan untuk bermain di berbagai nada dasar.

Cukup Sekian Semoga Bisa Membantu. salam Guitar Lover
Blog, Updated at: November 20, 2013