Cara Stem Gitar

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 11/14/13 | November 14, 2013

Sebenarnya untuk menyetel gitar ada beberapa langkah atau tahap yang bisa kita lakukan, menggunakan Piano, Garpu tala, Feeling, dan Efek Gitar, tapi disini saya akan membahas dua saja yaitu dengan menggunakan Efek Gitar dan  Feeling saja, mengapa? Karena menurut saya, kedua cara itulah yang paling banyak dan cukup praktis untuk kita gunakan utamanya jika kita sedang berada di atas panggung. Menyetel dengan menggunakan Piano dan Garpu tala sebenarnya sangat baik, akan tetapi saya rasa sangat kurang diantara kita para guitar lover yang bisa menggunakan fasilitas tersebut utamanya Piano, kecuali jika anda
memang mempunyai satu set alat. jadi saya hanya membahas secara umum saja.

Nah! untuk itu kita back to the Topic !
  1. Menggunakan Effek Digital
    Satu kelebihan yang dimilik oleh Effek Digital yaitu adanya fasilitas tuner atau Steam gitar di dalamnya, baik itu efek murah sekalipun, jadi  kita tidak perlu Khawatir dengan masalah yang satu ini, untuk menyetel guitar dengan menggunakan effek ini caranya sangat mudah, kita cukup mengaktifkan tunernya,  kemudian kita tinggal mencocokkan dengan nada pada senar gitar, untuk mengaktifkan nya, sebagai contoh saya menggunakan effek gitar merk Korg yang mempunyai dua buah pedal, caranya tekan ke dua pedal bersamaan, maka secara otomatis tuner akan aktif dengan sendirinya. kemudian lakukanlah penyetelan.Umumnya cara ini tidak terbatas hanya untuk yang merk Korg saja, saya rasa untuk merk yang lain caranya tidak jauh berbeda.
  2. Menggunakan Feeling atau cara manual
    Menggunakan Feeling langkah-langkahnya seperti ini :
    • Pertama-tama kuatkan dahulu senar pertama untuk sebagai patokan untuk nada-nada yang lainnya
    • Selanjutnya kita lakukan penyetelan terhadap senar ke dua Untuk itu Tekan kolom 5 senar 2. kemudian petik kedua tali tersebut dan pastikan tinggi nada antara senar pertama dengan yang kedua sama.

      How To String Gitar
      Senar Kedua Di tekan pada kolom 5
    • Untuk senar 3 Tekan lagi kolom 4 pada  senar 3, kemudian petik lagi  kedua senar tersebut, gunakan feeling anda dan pastikan bahwa kedua senar yang di petik memiliki tinggi nada yang sama.


      How To String Gitar
      Senar Ke Tiga Di tekan pada kolom 4

    • Pada senar 4 sampai senar 6 caranya sama persis dengan point nomor 2 di atas

      Jika anda cukup bingung, Lebih jelasnya perhatikan perhatikan skema dibawah ini.

    How To String Gitar tab
    Perhatikan Bagian yang ditekan

    Cara ini memang cukup ribet dan memang harus membutuhkan feel yang cukup kuat karena kita di tuntut untuk mengetahui karakter nada pada senar, Khususnya pada senar yang akan kita jadikan sebagai patokan untuk senar-senar yang lainnya. misalnya seperti contoh diatas senar yang dijadikan patokan adalah senar pertama, dalam hal ini seperti yang kita ketahui bahwa senar pertama Pada Guitar bernada bernada E, Nah ! disinilah letak kesulitan nya karena kita harus tahu bagaimana tinggi rendahnya nada E itu, namun untuk pemula,sebaiknya  ini tidak perlu diambil pusing, anda cukup mengencangkan senar pertama tadi, tidak perlu mengambil patohan bahwa senar pertama harus bernada E kemudian lakukan penyeteman seperti tahap-tahap yang telah saya jelaskan sebelumnya di atas, dengan demikian lambat laun nanti anda juga akan peka terhadap senar guitar anda.
Saya rasa mengenai Cara Steam Gitar sudah cukup jelas sampai disini,  Cukup sekian semoga bisa membantu, Salam Guitar Lover
Blog, Updated at: November 14, 2013