Bagaimana Mencari Chord Pada Suatu Lagu?

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 11/1/13 | November 01, 2013

Point yang satu ini mungkin sudah tidak terlalu penting lagi bagi anda yang sudah lama bergelut di dunia guitar, karena menurut saya ini adalah teori pertama yang anda dapatkan saat anda baru mengenal dengan yang namannya guitar, yaitu belajar mencari Chord dari setiap lagu yang anda dapatkan"Apa sih Chord lagu ini?, apa ya Chordnya lagu itu?? setidaknya seperti itulah mungkin pertanyaan yang muncul dibenak anda, saat anda mendengar lagu-lagu yang masih sangat asing dan memang baru di telinga anda.

Tapi Perlu sahabt ingat, pemain guitar itu bukan hanya sahabat sendiri, ada banyak sekali calon - calon guitaris diluar sana yang masih haus akan ilmu-ilmu yang bermanfaat, dan tentunya itu juga sama halnya dengan anda sebelum bisa mencapai posisi yang anda raih selama ini.

Untuk itu jika teman memang baru terjun di dunia gitar, disini saya akan mencoba berbagi, bagaimana cara Mencari Chord Gitar Pada Satu Lagu,  dan mudah-mudahan dengan adanya tulisan saya yang satu ini bisa memberikan satu referensi yang bermanfaat di mata anda, Check It Out !!
  1. Pertama-tama sebelum anda Memainkan Guitar dan  mencari Chord pada lagu, Sebaiknya Gunakan Chord-Chord dasar saja Chord yang saya maksud antara lain Cmay, Dm,Em,FMay,GMay,Am,Bdim, Jadi ikuti saja pola dari Chord itu.
  2. Sebaiknya anda ketahui dulu, Apa Chord dasar dari lagu tersebut, Apakah bermain dengan dasar Mayor, Atau Minor. sebaiknya sahabat cari saja salah satunya,Apakah main di CMayor atau Aminor, dengan mengikuti pola Chord dasar pada point pertama yang saya jelaskan sebelumnya. Biasanya Lagu yang dasar Mayor itu mempunyai nuansa lebih Ceria dari pada lagu yang mempunyai dasar Mayor, sebaliknya Lagu yang bernada dasar Minor, itu biasanya mempunyai irama yang jauh lebih sendu.
  3. Jika sahabat telah menemukan dasarnya, silahkan anda mencoba melakukan progresi antara Chord- Chord yang ada pada point pertama, Umumnya pada lagu  yang ada di indonesia, Progresinya sangat simple tidak terlalu rumit, anda cukup berputar-putar saja di chord-chord point pertama tadi.
  4. Jika Guitar Chordnya telah ditemukan, saatnya anda Transpose atau menggeser Chord tadi, agar Chord yang anda temukan itu, bisa lebih seirama dengan Chord asli yang ada pada Lagu tersebut.
sebenarnya dijaman sekarang ini, Mencari Chord pada lagu itu bukanlah suatu hal yang rumit, karena sudah banyak sekali situs - situs yang telah menyediakan chord-chord dari setiap lagu, juga jauh lebih simple dari pada cara di atas, Tapi perlu anda ketahui, ada sisi positif yang bisa anda dapatkan dengan mencari Chord seperti ini, yaitu anda bisa mengasah feeling anda sebagai seorang guitaris,

bagaimana anda bisa menciptakan sebuah lagu jika anda tidak bisa menerapkan Chord di dalamnya, bagaimana anda bisa  menjadi guitar master, jika mencari chord lagu saja anda tidak tahu. jadi sebaiknya hal ini jangan anda tinggalkan... segala sesuatunya pasti dimulai dengan hal yang kecil

Salam Guitar Lovers !!

Blog, Updated at: November 01, 2013