Memperbaiki Pedal Efek Gitar Tidak Berfungsi

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 2/23/14 | February 23, 2014

Salam guitar lover,, seperti biasa, saya akan mencoba untuk berbagi cerita serta pengalaman yang saya alami, namun kali ini saya tidak akan membahas secara spesifik mengenai teknik-teknik gitar seperti tapping, string skipping dan sebagainya, melainkan,  tulisan ini saya khususkan kepada sahabat yang memiliki permasalahan pada Efek Gitar,  Khususnya lagi jika efek gitar tersebut mengalami kerusakan pada Pedalnya.

Terkait dengan kasus ini, satu kejadiaan yang tidak jauh dari sekarang yaitu waktu saya mencoba untuk  memperbaiki Efek Gitar salah satu sahabat saya yang tempat tinggalnya tidak jauh dari rumah, yang mengeluh karena efeknya itu katanya rusak, dan meminta bantukan  saya untuk mencoba memperbaikinya,,  setelah saya tanya jenis kerusakannya, Ternyata kerusakan tersebut bisa kita katakan cukup fatal karena yang rusak itu adalah bagian pedalnya, maksud saya ada salah satu pedal pada efek tersebut tidak berfungsi. Diinjak berapa kalipun tampilan pada layar efek tersebut   tidak mengalami perubahan sama sekali,betul-betul macet

Oh ia,,,,,,  sahabat saya itu menggunakan efek gitar merek Korg tipe AX 3G. kalo belum pernah liat gambarnya seperti ini guys.


Guitar Effect Korg AX3G

Kayak radio ya!! tempo dulu lagi,, Hahaha, ya begitulah penampakannya,, namanya juga efek gitar murah, harganya saja 700 an  tapi jangan salah , Soundnya  itu lumayan lho, apa lagi  untuk dipakai latihan di rumah doang, Ok kita kembali ketopik. Seperti yang sahabat lihat pada gambar di atas,, efek tersebut memiliki dua buah pedal yang kiri untuk down yang sebelah kanan itu untuk up. Nah yang rusak itu ada pada pedal bagian kirinya. Jujur saja saya juga kurang tahu,, mengapa efek ini cepat sekali rusaknya padahal setahu saya efek ini baru di pakai selama tiga bulan eh sudah rusak,, yang kurang awet itu efeknya atau orangnya yang kurang perawatan. saya juga kurang tahu!!

Nah, Bagaimana cara mengatasinya, Gampang kok,, Berdasarkan pengalaman saya pribadi Di dunia Efek digital , Umumnya yang menjadi penyebab Pedal itu tidak berfungsi hanya ada pada Switchnya saja atau bagian tombolnya saja, selama itu kerusakan tersebut hanya disebabkan oleh pemakaian, tidak tahu kalau ada hal-hal yang lainnya, misalnya sudadh jatuh atau apalah, jika seperti itu tentunya untuk mengembalikan kondisi efek gitar tersebut,, yaaa tidak ada jalan lain selain sahabat harus menggantinya dengan switch yang baru,, dan kebetulan yang saya jelaskan disini mempunyai swich yang sangat gampang kita temukan di toko-toko electronik jadi tidak perlu pergi ke toko musik untuk menemukan Swich seperti itu,, Untuk Contoh Switchnya bisa sahabat lihat nanti di bawah.

Nah,, Untuk mengganti Switch Pedal,, tentunya sahabat harus mempersiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan,seperti Obeng, Solder dan timah secukupnya, dan yang paling penting harus persiapkan dulu Switch yang baru tadi, itu saja kok yang penting. setelah siap sekarang kita masuk ke bagian intinya yaitu Membongkar Efek nya.
  1. Bongkar efek, seperti gambar di bawah ini


    Guitar Effect
    Efek Gitar Sudah Terbongkar

  2. Lepaskan Switch yang sudah rusak lalu buang, kalo mau di simpan tidak apa-apa kok, sekedar kenang-kenangan,, Untuk Melepasnya,, kalo saya sendiri sih tidak terlalu banyak alat yang saya gunakan,, cukup memanaskan kaki dari Switch yang rusak tadi, sambil dipanasi  tarik switch tersebut sampai kaki Switch betul-betul terlepas, begitu juga dengan kaki Switch yang satunya.

    Guitar Effect
    Switch Pedal Effect Yang Rusak



    Guitar Effect
    Switch


  3. Tahap Akhir pasang Switch yang baru kemudian, jangan solder dulu, Lengkungkan kaki Switch tadi agar Switch melekat dengan kuat, Setelah itu,, baru deh di solder,, namun saat di solder harus hati-hati juga, dan pastikan bahwa seluruh timah yang melekat pada Kaki-Kaki Switch tersebut melekat dengan sempurna,, karena pengalaman saya,, kalo seperti itu, kadang timah yang ada pada Switch akan terlepas dengan sendirinya, jadi sekali lagi pastikan bahwa timah tersebut, betul-betul melekat dengan kuat pada bagian body.


  4. Tahap pemasangan telah selesai,, selanjutnya adalah pengecekan, apakah Switch yang sahabat pasang itu sudah berfungsi secara optimal, atau tidak, coba ditekan-tekan,, kalo nomor yang ada pada tampilan Efek Gitar sahabat sudah bisa berubah-ubah,  itu artinya sahabat telah berhasil,, kalo tidak,, itu berarti ada kesalahan pada saat sahabat melakukan penyolderan, coba deh di ulang lagi,,

  5. Pasang lagi cassing Effek Gitar saudara lalu Ambi Gitarnya kemudian Get Ready To Rock. 
Mudah kan?? ia memang mudah kok,, jadi jangan ragu, coba saja, cukup sekian Salam Guitar Lover
Blog, Updated at: February 23, 2014