Mengganti Switch Pedal Effect Gitar Dengan Mouse

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 2/26/14 | February 26, 2014

Masih ingat dengan pembahasa saya yang membahas Memperbaiki Pedal Efek Gitar?, disitu saya telah menjelaskan bagaimana, atau lebih akuratnya mengganti Switch yang ada pada Pedal Efek gitar Korg Ax 3G karena rusak. Nah Ditulisan ini, kita bahas hal yang sama, namun ada sedikit perbedaan, alias sedikit improfisasi. Di pertemuan yang lalu itu, sahabat ingat bahwa kita menggantinya dengan menggunakan Switch yang serupa dengan Switch bawaan pedal efek tersebut,, disinilah bedanya, disini kita tidak akam mencoba untuk menggunakan Switch seperti itu lagi, Melainkan dengan menggunakan Switch Mouse,, tahu Mouse? Bukan tikus, melainkan Mouse pada Komputer yang biasa kita pencet-pencet itu.

mungkin sih terkesan ngawur, dan terdengar aneh, tapi akan saya jelaskan mengapa saya menggantinya dengan Switch Mouse,, akan saya kasi alasan yang masuk akal, MEngapa saya menggantinya dengan Switch Mouse? perlu sahabat tahu sebelumya bahwa Switch yang terpasang pada Efek Korg AX 3G yang pernah saya perbaiki itu ternyata cepat rusak, buktinya pedal efek teman saya, tidak bisa berfungsi kembali,, dan kalo saya ingat-ingat itu hanya bisa bertahan kurang lebih hanya seminggu setelah saya  melakukan perbaikan (Mengganti Switch), itu bukan kali pertamanya lho saya ganti, kalo tidak salah sudah tiga kali, jadi saya rasa itu di sebabkan oleh faktor ketahanan Switchnya saja,Akhirnya setelah saya mencoba untuk menggantinya dengan Switch mouse, Ehh Malah tahan. sampai sekarang yang saya liat, efeknya sekarang baik-baik aja tuh.


Nah bagai mana cara menggantinya dengan Switch Mouse? saya rasa caranya itu sama saja kok dengan cara yang dulu, kita cukup memasangnya pada dudukuan Switch yang sebelumnya. tapi agar lebih jelas lagi, akan saya coba untuk menerangkannya secara jelas juga.
dalam hal ini menurut saya ada beberapa hal yang perlu sahabat persiapkan terlebih dahulu, dan tentunya yang menjadi utama adalah Switch mouse, disini saya mengguankan Mouse saya yang sudah rusak, tapi kalo di daerah sahabat ada yang menjual Switch seperti itu, sebaiknya beli saja, dari pada merusak Mouse saja, selain itu mungkin bisa jauh lebih hemat,, perhatikan gambar di bawah ini

Memperbaiki guitar Effect
switch yang diambil dari mouse

disitu sahabat melihat ada tiga buah Switch yang bisa kita gunakan untuk Pedal efeknya, jadi tinggal pilih salah satunya, kalo sahabat  mau mengganti kedua-duanya juga boleh, silahkan sahabat mencabut atau melepas Switch tersebut dari dudukan mopuse.

Nah, disitu pasti sahabat akan melihat perbedaan pada kaki Switch tersebut, dalam hal ini yang saya temukan kaki Switch yang ada pada mouse itu ada 3 buah, padahal yang ada pada efek gitar tersebut hanya ada dua buah lubang di dudukannya, gampang saja tinggal potong saja yang satunya, Disini lah yang perlu sahabat perhatikan dengan seksama, saat sahabat memotong kaki switch jangan asal potong saja, potong bagian yang memiliki jarak terjauh dari tombol Switch tersebut (Tombol yang berwarna merah), perhatikan gambar di atas tadi.

untuk tahap selanjutnya silakan sahabat pasang Switch tersebut seperti pada efek gitar saudara seperti gambar di bawah

memperbaiki pedal effect
Switch telah terganti

cukup mudah bukan? tapi sebelum saya mengakhiri perbincangan kali ini,, ada sedikit tambahan yaitu cara ini bisa sahabat gunakan pada efek gitar merek apapun, efek Zoom, atau apalah jadi bukan hanya pada efek Korg ax3g saja, selama memiliki Switch yang serupa seperti yang saya jelaskan sebelumnya. jadi silahkan sahabat coba saja.

Blog, Updated at: February 26, 2014