Tips Menghilangkan Demam Panggung

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 10/19/13 | October 19, 2013

Pernahkah anda merasa gelisah saat ingin tampil di depan orang banyak?? saya rasa jawabannya adalah "ia", Demam panggung atau biasa kita sebut dengan istilah nervous memang kerap kali muncul di saat-saat seperti itu, tangan mulai dingin, terasa ada yang menjalar di sekujur tubuh dan yang dapat membuat anda menjadi gugup, kurang percaya diri, seakan seluruh mata melotot tajam ke arah kita yang akhirnya, bisa-bisa dapat menyembunyikan performa maksimal kita saat berada di atas panggung.

Pada dasarnya hal itu tidak bisa kita hilangkan dan tidak bisa kita hindari keberadaannya,  perasaan itu disebabkan  mungkin karena anda merasa ada saingan yang jauh lebih hebat dari pada anda, dan masih banyak lagi perasaan yang lainnya.  jika memang itu masalahnya, disini saya akan mencoba untuk membagi sedikit tips bagaimana cara mengurangi  rasa nervous tersebut untuk itu silahkan di simak.

  1. Sebagai langkah awal, Sebelum anda naik ke panggung sebaiknya anda menenangkan diri terlebih dahulu, anda bisa melakukannya dengan menutup mata, fokus lalu menarik napas yang dalam-dalam, kemudian keluarkan nafas secara perlahan, lakukan setidaknya sebanyak  lima kali, sampai pikiran benar-benar menjadi jauh lebih tenang dari pada sebelumnya.
  2. Sebelum anda naik ke panggung ada baiknya jika anda berjalan-jalan di sekitar penonton, memperlihatkan diri anda sebelumnya, hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri, karena dengan demikian anda akan merasa sudah tidak asing lagi berhadapan dengan penonton.
  3. Minumlah sedikit air putih, segelas saja itu sudah cukup,  dari beberapa informasi yang saya dapatkan ternyata khasiat air putih itu bagus untuk menetralisir pikiran.
  4. Buatlah aktifitas yang lainnya, misalnya bercanda dengan teman-teman personil band anda.
  5. Ketika anda telah berada di atas panggung, dan saat anda memainkan gitar anda, jangan cuma menundukkan kepala dan  terlalu fokus dengan hanya melihat kolom-kolom gitar yang anda pegang, usahakan lakukan sedikit gerakan-gerakan kecil, misalnya dengan menganggukkan-nganggukkan kepala atau bisa juga menggerak-gerakkan kaki.
  6. Kuasai Panggung,anggaplah bahwa panggung itu adalah milik anda, Ibaratkan bahwa anda hanya latihan di dalam studio, jangan cuma berdiri monoton pada satu tempat saja, cobalah untuk berpindah tempat, anda bisa menghampiri Vokalis anda, Basis anda, intinya jangan tinggal diam.
Dengan begitu saya yakin sampai disini perasaan nervous itu sudah hilang.Tapi perlu di ketahui rasa nervous itu bukanlah suatu penyakit yang bersarang di tubuh anda, Hal ini saya ungkapkan karena saya sendiri pernah membaca di salah satu buku dari seorang ahli pidato, yang menyatakan bahwa dia tidak akan pernah mau tampil di depan umum jika perasaan nervous itu belum dia rasakan, alasannya karena konon dengan adanya perasaan sedikit nervous kita bisa jauh lebih waspada dan berhati-hati jika berada di atas panggung.

Jadi jangan beranggapan bahwa dengan adanya nervous atau demam panggung itu selamanya membawa hal yang negatif. Oleh karena itu mudah mudahan dengan sedikit tips di atas dapat memberikan sedikit solusi bagi teman - teman gitaris, Untuk meminimalisir Perasaan itu.

Untuk pembahasan kali ini Cukup sekian Salam Gitar Lover
Blog, Updated at: October 19, 2013