Cara Merangkai Effect Gitar

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 12/13/13 | December 13, 2013

Salam guitar lover, Kali ini kita akan mencoba membahas satu permasalahan yang masih hangat di telinga yaitu bagaimana cara kita merangkai efek yang baik dan benar Khususnya bagi anda pengguna Efek Stombox agar bisa mendapatkan hasil sound yang  jauh lebih maksimal lagi. Pada dasarnya untuk merangkai efek stombox itu tidak ada aturan yang baku, Sound yang baik sudah pasti menggunakan fasilitas yang baik juga, akan tetapi meskipun anda menggunakan sound yang demikian, tanpa adanya pengetahuan atau pemahaman yang baik untuk merangkai efek yang baik, maka Sound yang akan dihasilkan terbatas sampai disitu saja.

Bukan  itu saja, rangkaian efek juga bisa  membentuk sound yang mempunyai karakter bagi gitaris itu sendiri yang  tidak bisa di ikuti oleh gitaris yang lainnya,  misalnya, anda ingin meniru karakteristik sound yang sering digunakan oleh Tom Morello dengan cara meniru dan mencoba untuk menyamakan dari satting Efeknya saja, Untuk menemukan Khas dari sound si Morello dengan seperti itu, saya rasa itu sangat mustahil, kecuali jika anda memang sangat Mengidolakan Morello dan menggunakan seluruh sound system yang digunakannya,  mulai dari jenis dan merk Gitar, Amp dan seluruh fasilitas yang di pakainya.

Nah!! Bagaimana Merangkai Efek Yang baik dan benar?? Meskipun pada dasarnya memang tidak ada aturan yang baku, akan tetapi ada Konnfigurasi standar yang dipakai secara umum. Susunannya seperti ini

Guitar  >>> Pre Fx >>> Drive/Amp >>> Noise Reduce >>> Modulation >>>Delay


Rangkaian di atas adalah standar yang sering digunakan oleh beberapa kalangan gitaris,, Misalnya saja John Petrucci juga sering menggunakan Kombinasi ini,,, namun untuk mempermudah pemahaman sahabat akan saya coba untuk menjelaskannya secara secara signifikan satu persatu. Perhatikan secara seksama.
  1. Pre Fx Terdiri dari Jenis Efek antara lain:  Compressor, Pickup, Ac Simulator,Wah-wah,Auto wah, ViB/Ph, Octave, RingMod,Drone. 
  2. Drive/Amp : jika anda menggunakan distorsi misalnya , Over Drive, Distortion,Fuzz dan masih banyak jenis Drive yang lainnya. untuk masalah drive dan Amp saya rasa anda sudah cukup paham.
  3. Nose Reduction : untuk Meminimalisir Noise yang terjadi
  4. Modulation : Modulation Terdiri dari CL CHO, MTCHO, Treomolo, Rotary, Pitch, Filtron 
  5. Delay
Untuk menerapkannya sangatlah mudah, Misalnya jika anda menggunakan Guitar Effect Boss Metal Zone ditambah Noise Reduction satu lagi efek Modulation seperti Filtron dan terkahir Delay, jadi anda tinggal merangkainya seperti ini

Guitar >>> Metal Zone >>> Noise Reduction >>> Filtron >>> Delay >>> Ampli.


Saya rasa untuk merangkai Efek stombox cukup dulu sampai disini, dan saya harap tulisan ini bisa menambah wawasan anda untuk memaksimalkan permainan gitar sahabat Khususnya untuk mendapatkan Sound yang anda harapkan.

Akhir kata selamat Bereksperimen. Cukup sekian Salam gitar Lover
Blog, Updated at: December 13, 2013