Kelebihan Teknik Gitar Economic Picking

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 12/26/13 | December 26, 2013

Salam Guitar Lover,,, Berbicara mengenai picking,, di artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang salah satu Guitar Technik yang kita kenal dengan istilah  Economic Picking,, dimana pada artikel tersebut telah saya ulas secara mendalam,, dan se detail mungkin tentang bagaimana Cara Memainkan Economic Picking sehingga saya harap dengan adanya artikel tersebut anda Sudah bisa Memahami Teknik Gitar Economic Picking tersebut. Jadi jika anda masih kurang paham, maka sebaiknya anda membacanya terlebih dahulu..

Nah!!,, pada kesempatan kali ini, kita masih berbicara mengenai Picking, sesuai dengan judul diatas bisa kita katakan Apa Sih Kelebihan Menggunakan Economic Picking, tentunnya itu adalah sebuah pertanyaan mendasar dan juga merupakan hal yang sangatlah logis untuk kita pertanyakan sebelumnya, mengingat bahwa di dalam dunia gitar kita mengenal beberapa jenis Picking yang tentunya mempunyai beberapa perbedaan mendasar, baik itu bagaimana kita memainkannya sampai di mana letak perbedaan dari setiap teknik-teknik Picking Tersebut.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa Alternate Picking mempunyai pola gerak yang teratur Up dan Down dan Economic Picking kombinasinya Up,Down yang ditambah dengan gerakan Sweeping saat peralihan senar ke senar yang lainnya. Disini sudah sangatlah jelas dimana letak perbedaan antara kedua Teknik Gitar Picking tersebut. Nah!! Pertanyaan selanjutnya,, Apa sih Kelebihan Economic Picking Ini? jika memang seperti itu pertanyaannya,, berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri ada beberapa kelebihan yang sempat saya rasakan semenjak Teknik Ini telah saya terapkan sebelumnya antara lain .
  1. Salah satu kelebihan dari Teknik Economic Picking adalah Bisa Meminimalisir Tingkat Kelelahan yang ada pada tangan kanan Anda (Memetik) di saat anda memainkan Gitar anda Khususnya saat anda bermain Melodi,, Coba saja anda perhatikan, hal ini disebabkan karena jumlah Gerakan tangan kanan anda sewaktu anda memetik senar, itu jauh lebih sedikit jumlahnya dari pada anda menggunakan Alternate Picking.

  2. Selain Itu kelebihan yang lain adalah Memungkinkan anda bisa bermain lebih Cepat dalam tempo yang relatif  lebih singkat dari pada anda menggunakan teknik alternate picking,, mengapa?? Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa Hal ini disebabkan karena pola dari Economic Picking,, sangatlah simple yaitu hanya mengulang Down -  Up – Down (Ascending) terus menerus,, berbeda jika kita menggunakan alternate picking, yang mana kadang saat kita beralih dari senar satu ke senar yang lain, arah petikannya selalu berubah, kadang Up, Kadang Juga Down. Jadi sewaktu sahabat menemukan tangga nada yang baru, dan mencoba untuk menguasainya akan membutuhkan waktu yang lebih lama dari pada Menggunakan Teknik Economic Picking, karena kita harus menyesuaikan lagi posisi atau arah petikan yang tepat. Berbeda dengan Economic Picking anda hanya perlu mengulangi Pola Petikannya saja apakah itu ascending maupung descending.

Sejauh ini yang saya rasakan seperti yang saya jelaskan di atas,  Mungkin anda bertanya-tanya di dalam hati anda,, saya seorang Guitaris yang dari dulu menggunakan teknik Alternate Picking saja, apakah saya harus menggantinya dengan menggunakan Economic Picking? saya rasa itu tidaklah perlu,, tidak ada yang perlu di korbankan disini,, namun ada baiknya selain sahabat menguasai Alternate Picking, Kuasailah juga teknik Economic Picking ini, begitu juga sebailiknya sahabat juga jangan hanya menggantungkan pada teknik Economic Picking saja,, karena terkadang kita membutuhkan yang namanya alternate Picking di saat – saat tertentu.

Misalnya saja,,  Saya yakin Anda sudah tahu dan sudah melihat yang namanya Yngwie MalmSteen saat Memainkan Gitar nya, dialah salah satu Gitaris yang paling sering menggunakan teknik Picking Ini,,  Nah yang ingin saya perlihatkan di sini adalah perhatikan pola Pickingnya, kadang beliau menggunakan alternate Picking di saat-saat tertentu meskipun yang paling dominan adalah Economic Picking, mungkin itulah satu alasan saya mengapa saya menyarankan kepada sahabat untuk menguasai kedua jenis picking tersebut.

Oleh karena itu cukup sekian,, Akhir kata Wassalam!!!


Blog, Updated at: December 26, 2013