Tips Memilih Kabel Gitar yang Baik

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 12/3/13 | December 03, 2013

Kabel gitar mempunyai fungsi utama untuk mengantarkan frekuensi getaran yang dihasilkan oleh senar gitar ke gitar amp,  sehingga kebel gitar  merupakan salah satu komponen yang sangat penting khususnya anda yang sangat peduli terhadap kualitas dari sound guitar anda. Artinya semakin baik kualitas kabel maka semakin bagus kualitas sound yang anda dapatkan begitu pula dengan sebaliknya. salah satu contohnya adalah adanya noise yang terjadi saat anda memainkan gitar anda.


jika anda menemukan kendala seperti ini maka sebaiknya terlebih dahulu anda memeriksa pada komponen yang satu ini terlebih dahulu. Olehnya itu disini saya akan mencoba untuk memberikan sedikit tips bagaimana cara memilih Kabel gitar yang baik. Tapi sebelumnya yang perlu anda ketahui pada umumnya kabel terbuat dari tembaga murni, ada juga yang terbuat dari perak dan emas. tentunya itu mengacu terhadap seberapa tinggi kualitas dari kabel tersebut.

Saya yakin sampai disini anda sudah tahu yang mana yang saya maksud mahal dan yang mana yang tidak. Jika kita berbicara mengenai kulitas kabel, itu sudah jelas bahwa kabel yang baik itu memiliki harga yang jauh relative mahal dari pada yang biasa saja, dan hal itu tidak bisa kita pungkiri, akan tetapi hal itu menurut saya relative,  artinya sahabat tidak harus membeli kabel yang harganya se langit untuk memaksimalkan sound yang anda dambakan itu tergantung dari kebutuhan masing-masing.

Yang saya maksud dengan sesuai kebutuhan adalah Sebagai contoh, tidak mungkin anda ingin mengeluarkan biaya ratusan sampai jutaan rupiah jika kabel tersebut hanya kita gunakan untuk bermain saja di rumah saja, misalnya hanya untuk sekedar latihan, atau hanya untuk nge jam saja, itu jelas tidaklah wajar. 
Bagaimana Memilih Kabel Gitar yang baik??  sejauh ini yang saya ketahui, saat anda mencari kabel guitar sebaiknya Carilah yang kabel yang mempunyai inti tembaga yang besar, semakin besar kandungan tembaga yang ada pada kabel tersebut itu semakin baik,  karena menurut pengalaman jenis kabel seperti ini jauh lebih bagus menghantarkan aliran ke amp guitar anda.

Hal yang tidak kalah penting lagi saat anda memilih kabel adalah tentukan seberapa panjang kabel yang ingin anda pakai, secara teori, semakin pendek kabel maka semakin bagus kualitas sound yang anda dapatkan, jadi sebaiknya pastikan bahwa kabel yang ingin anda pakai, sudah sesuai dengan seberapa panjang kabel yang anda butuhkan, jangan terlalu banyak menyisakan kabel, karena hal itu bisa memberikan tambahan beban saja, sehingga dapat menurunkan kualitas sound anda.

Kesimpulannya, kabel bisa kita katakan baik jika bisa matching dengan sound system yang kita gunakan. Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa satu hal yang tidak bisa kita pungkiri adalah harga juga merupakan satu hal yang bisa menjadi jaminan baik atau tidaknya kualitas dari kabel tersebut.
Cukup sekian untuk kali ini akhir kata terimakasih…
Blog, Updated at: December 03, 2013