Mengatasi Up Down Gitar Listrik Yang Selalu Fals

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 11/14/13 | November 14, 2013

Satu masalah yang sering di alami oleh Pengguna Guitar Up Down adalah seringnya Fals atau bahasa kerennya adalah Out Of Tone saat Tremolo dimainkan, pada dasarnya hal ini disebabkan karena satu penyebab yaitu posisi pada Guitar Bridge tidak bisa kembali ke posisi semula saat kita memainkan tremolo tersebut,  saat tremolo di down, nada menjadi cenderung menjadi rendah dan pada saat tremolo di up maka nada menjadi lebih tinggi. banyak yang menyatakan bahwa inilah resiko yang ditanggung bagi sahabat yang mempunyai Gitar Murah, tapi menurut saya itu tidak lah sepenuhnya benar, mengapa?? soalnya saya juga pakai Gitar yang kayak gituan hehe,, Maklum belum bisa beli yang jauh lebih baik dari sekarang.

Nah,, sejauh ini dan berdasarkan pengalaman saya menggunakan tremolo khususnya yang Up Down untuk mengatasi hal seperti itu tidak lah terlalu rumit menurut saya, intinya hanya satu, yaitu  bagaimana kita bisa menyeimbangkan antara kekuatan senar dengan kakuatan Pegas yang ada pada gitar.

memperbaikiUp Down Gitar Listrik Yang Selalu Fals
Memainkan Updown

tapi satu hal yang perlu sahabat ketahui sebelumnya,, bahwa untuk mendapatkan hasil yang maksimal,, sebaiknya gunakanlah senar yang berkualitas, karena senar juga sangat besar pengaruhnya. selain kualitas senar, hal yang paling penting juga untuk anda ketahui adalah kualitas dari per atau pegas guitar sahabat. sekedar saran saja,, sebaiknya  gunakan per yang betul betul lentur dan jangan terlalu keras. lebih baik sahabat menggunakan per yang lentur sebanyak 3 buah dari pada  menggunakan per yang keras sebanyak 2 buah.
Baiklah. Bagaimana cara mengatasi hal tersebut?? intinya bagaimana anda memasang senar untuk itu silahkan anda ikuti langkah-langkah di bawah
  1. Pertama-tama Lepaskan Locking Nut atau penjepit, lalu  kendorkan terlebih dahulu senar Guitar anda, kalau perlu ganti dengan senar yang baru.
  2. Tekan bagian tremolo (down) sampai bagian belakang betul-betul menukik ke atas, kemudian janggal dengan menggunakan sesuatu, Biasanya saya menggunakan baterei Hp bekas, hal ini bertujuan agar posisi Bridge tidak tenggelam kedalam kita melakukan proses pemasangan senar. usahakan saat anda menjanggal Bridge, pastikan posisinya jadi datar, tidak menukik ke atas maupun kebawah.
  3. Jika selesai, selanjutnya, silahakan anda Pasang seluruh senar.
  4. Lakukan Tuning atau  setem kembali Gitar anda seperti semula.Caranya bisa anda baca di
  5. Lepaskan Pengganjal yang telah anda pasang sebelumnya. hal yang paling penting untuk anda perhatikan disini adalah  saat anda melepas pengganjalnya, pastikan bahwa posisi bridge dalam keadaan mendatar , tidak menukik ke bawah maupun ke atas, jika hal itu terjadi anda bisa melakukan penyeteman terhadap per nya, Jika Menukik ke atas itu artinya senar menarik terlalu kuat, maka silahkan anda kencangkan bagian pernya. begitu juga dengan sebaliknya.
  6. Jika dirasa sudah normal, untuk langkah terakhir, Kuatkan kembali Locking nut.
Silahkan anda coba mainkan gitar sahabat, kalo saya sendiri sih,, tuntas dan maknyus brow mau di up atau di down, tidak ada out of tune sama sekali,  jika sahabat telah mencoba lantas belum berhasil,, berarti ada yang bermasalah dengan bridge gitar sahabat,, coba deh sahabat periksa bagian tersebut, khususnya pada bagian penjepitnya, disitu ada dua buah mur, perhatikan dengan seksama, dan pastikan bahwa kedua-duanya seimbang jangan sampai ada satu penjepit yang posisinya lebih rendah atau lebih tinggi. karena terkadang kita lupa lho,, dan saya akui hal tersebut, apalagi jika kita sedang asyik untuk menentukan jarak atau ketinggian senar ke freat Board, olehnya itu perhatikan dengan seksama karena bisa saya jamin meskipun langkah-langkah di atas telah sahabat terapkan dengan benar, lantas ketinggian kedua penjepit bridge gitar sahabat tidak seimbang,, maka sudah bisa saya pastikan sahabat tidak akan bisa berhasil, meskipun bisa, tidak akan berlangsung lama baru dipakai sekali,, ehh udah fals lagi..

Oke,, saya rasa cukup sekian dulu jika ada yang kurang jelas jangan sungkan untuk bertanya,, saya akan mencoba untuk membantu.  akhir kata salam Guitar Lovers
Blog, Updated at: November 14, 2013