Tips Memilih Senar Gitar Listrik

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 11/26/13 | November 26, 2013

Kali ini Kita masih berbicara mengenai tips dimana kali saya akan mencoba untuk fokus membahas bagaimana memilih senar gitar yang baik. menurut saya pribadi senar merupakan faktor penentu dalam berbagai hal Khususnya bagaimana karakter sound yang dihasilkan nantinya. ada beberapa jenis ukuran senar yang bisa kita pergunakan. mulai dari paling tipis sampai yang paling tebal. tentunya itu mengacu terhadap jenis atau Genre kita masing-masing.


Disini saya akan mencoba memberikan satu tips lagi buat para sahabat pecinta gitar, dan mudah-mudahan dengan adanya tulisan ini bisa memberikan manfaat kepada pembaca, setidaknya bisa memberikan sedikit petunjuk khususnya bagaimana Memilih Senar Gitar Listrik yang baik untuk gitar kesayangan anda nantinya.  Ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan sebelum anda memakai senar antara lain :

Memilih senar gitar Listrik
Contoh Senar Gitar Listrik

  1. Jenis Musik
    Apa Jenis musik anda? Seperti yang saya jelaskan di atas sebelumnya, Senar yang anda pakai membentuk karakteristik sound tersendiri, intinya semakin tebal senar yang anda pakai maka semakin tebal juga sound yang akan dihasilkan oleh Gitar anda, Misalnya anda suka dengan musik Metal,  maka sebaiknya anda menggunakan senar yang agak tebal. itulah sebabnya mengapa banyak kalangan guitaris yang beraliran keras lebih banyak menggunakan senar yang tebal.
  2. Kualitas Senar
    Salah satu ciri Senar yang baik adalah senar yang tidak mudah berkarat. dan tidau mudah putus, selain itu senar yang berkarat bisa beresiko terhadap gitar anda nantinya. Oleh karena itu untuk menghindari hal demikian, sebaiknya pakailah senar yang telah terpercaya akan kualitasnya. sejauh ini yang saya tahu ada beberapa merk senar gitar yang masih banyak di pakai oleh kalangan pecinta gitar, misalnya Daddario,Ernieball, elixir dan masih banyak yang lainnya.
  3. Apakah anda Pengguna Gitar Up Down?
    jika memang demikian, sebaiknya saya sangat menyarankan untuk tidak memakai senar yang terlalu tebal, karena beberapa kasus, Khususnya yang saya alami, jika kita memakai senar seperti itu, biasanya gitar akan selalu Fals atau Out Of Tone saat tremolo di mainkan. untuk mengatasi hal tersebut anda bisa baca Cara Mengatasi Gitar Up Down Yang Selalu Fals Kecuali jika anda memang menggunakan gitar yang berkelas dan mempunyai harga diatas dari gitar standar pada umumnya, mungkin ini bukan menjadi kendala lagi buat anda. saya tidak ada maksud menyatakan bahwa Gitar murah itu tidak baik, tapi seperti itulah adanya. 
Menurut saya Ketiga point di atas sudah bisa kita katakan memenuhi kriteria senar yang baik dan cocok buat anda, jika ada yang kurang anda  bisa menambahkan melalui kotak komentar di bawah oleh karena itu untuk pertemuan kali ini cukup sekian, mudah-mudahan bisa membantu
Blog, Updated at: November 26, 2013