Tips Bermain Guitar Strap Rendah

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 10/24/13 | October 24, 2013

Bermain Guitar dengan posisi berdiri jauh lebih rumit dari pada bermain guitar dalam posisi duduk, apalagi jika bermain dengan strap rendah Low Strap, hal ini disebabkan karena daya jangkau jari-jari saat menekan senar jauh lebih terbatas dan agak rumit untuk menjangkau beberapa kolom misalnya kolom 12 ke belakang.
Strap rendah atau menggantung guitar dengan posisi di bawah perut biasanya banyak dipakai oleh beberapa guitaris - guitaris rock terkenal seperti Slash, Nuno Bartenchourt Guitarist dari band  Exreme  dan yang lainnya, Sebenarnya hal itu  tidak diwajibkan, namun beberapa guitaris menyatakan bahwa  itu menambah

point tersendiri saat berada di atas panggung karena bermain dengan seperti itu akan jauh kelihatan Cool /keren dari pada bermain strap atas kecuali itu jika anda pemain guitar jazz, itu lain lagi.

Bermain Guitar Strap rendah
Nuno Dengan Starp Rendahnya
Sebenarnya tulisan ini terinsipirasi dari salah satu teman yang pernah bertanya kepada saya  melalui email, yang mengatakan sulitnya bermain gitar berdiri terutama menggantung guitar agak dibawah, kendalanya tangan menjadi cepat terasa pegal, sangat sulit menekan kolom dan permainan menjadi berantakan.

Oleh karena itu jika anda sedikit kesulitan saat memainkan gitar dengan posisi demikian, disini saya akan mencoba berbagi lagi satu tips sesuai dengan judul di atas yaitu Tips Bermain Guitar Strap Rendah,
  1. Pada saat anda memegang gitar dan bermain power chord, guitar agak miring dengan  bagian kepala guitar lebih tinggi dari pada bagian body, tinggi head yang ideal sejajar dengan pusar anda.
  2. Buka sedikit lebar-lebar lengan kiri anda, hal ini berguna agar jari yang menekan senar bisa mengikuti sudut kemiringan leher guitar
  3. Saat anda memainkan melodi yang berada di kolom dalam, rebahkan sedikit badan anda  kebelakang, hal ini berguna agar jari-jari anda dapat menjangkau seluruh kolom-kolom yang letaknya jauh di belakang
  4. Sedikit mengangkat pundak, trik ini biasa dilakukan oleh Joe satriani,
  5. jangan terlalu banyak menggerakkan strap. ke depan maupun menariknya, usahakan untuk mengikuti pola pergerakan lengan, ini biasanya terjadi saat anda memainkan melodi di kolom depan kemudian tiba-tiba berpindah ke kolom belakang, jika seperti itu caranya jangan memiringkan Guitar tapi posisi guitar harus sejajar atau datar, dengan posisi badan tegak dan sedikit miring kesamping.
Sebenarnya bermain Strap seperti ini intinya hanya ada dari kebiasan kita masing-masing saja, dan bagaimana mencari atau mengetahui bagaimana posisi anda sehingga anda menemukan posisi yang nyaman dan ideal untuk anda, untuk itu tidak ada cara atau jalan terbaik selain sahabat mau terus belajar dan terus belajar.

Sedikit saran, saat berlatih lakukan dengan cara berdiri selama kurang lebih setengah jam sehari, karena sekedar tips saja menurut saya itu tidak cukup selain anda membiasakan diri, Saya rasa itu tidak terlalu sulit, selama anda mau terus berusaha, tapi jangan dipaksakan jika ada rasa pegal maka hentikan sejenak.

Tips di atas merupakan pengalaman dari saya sendiri, jadi tidak menutup kemungkinan bahwa apa yang saya rasakan itu sesuai dengan  apa yang anda rasakan saat anda memperaktekkannya, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba, Cukup sekian Semoga bisa membantu.

Salam Guitar Lover !!
Blog, Updated at: October 24, 2013