Bagaimana Merawat Guitar Yang Benar?

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 10/24/13 | October 24, 2013

Sudah berapa lama usia guitar anda? 1 Tahun, 2 tahun atau Tiga tahun? tentunya itu sangat dipengaruhi bagaimana anda merawat gitar anda sendiri, Memang benar, bahwa mau tidak mau semua barang pasti akan rusak dan lapuk dimakan usia, tapi masalah lama atau tidaknya itu tergantung dari seberapa besar kita memperhatikan barang tersebut, Sama halnya dengan gitar semakin bagus perawatan yang anda berikan maka semakin lama pula usia gitar anda.


Banyak sekali dari sahabat-sahabat pecinta Guitar yang kurang peduli tentang hal - hal yang seperti ini, kelihatannya memang sepele dan biasa-biasa saja karena dampaknya belum kita rasakan untuk sekarang ini, melainkan di kemudian hari.

Bagaimanakan merawat Guitar yang baik dan Benar??
  1. Bersihkan Guitar anda secara berkala, sekali atau dua kali dalam seminggu, itu sudah cukup. Anda bisa menggunakan kain yang halus untuk menghilangkan debu-debu yang menempel, Khususnya pada daerah Pickup, karena jika terus di diamkan seperti itu akan mengakibatkan guitar pickup anda akan lebih cepat berkarat, Gunakan kuas untuk membersihkannya.
  2. Biasakan untuk menyimpanya di dalam Guitar Case apalagi jika guitar tersebut kurang aktif atau jarang anda pakai
  3. Jangan terlalu sering menyandarkan Guitar anda di dinding setelah anda memakainya, Hal ini beresiko dapat menyebabkan Leher Guitar anda menjadi bengkok. dan yang lebih parah lagi Leher Guitar bisa-bisa patah jika terjatuh tanpa kita sengaja,  Mengenai Masalah tersebut anda bisa membacanya disini
  4. Rajin-rajinlah anda membersihkan bagian senar, Khususnya bagian belakang yang menempel pada Freet, karena jika tidak, senar anda akan cepat berkarat , dan yang lebih parah lagi dapat merusak Freet Guitar anda karena karat tersebut mengkikis sedikit demi sedikit sehingga lambat laun Freet menjadi tipis dan berakhir dengan yang namanya Freet Buzz. Cara membersihkannya cukup mudah, dan tidak jauh beda dengan di atas anda bisa menggunakan kain halus kemudian dislipkan diantara Neck dan senar. Lalu gerakkan kain bolak-balik mulai dari ujung bagian hingga senar benar-benar bersih secara keseluruhan.
  5. Selain anda membersihkan bagian senar, bagian neck depan juga sangat perlu di bersihkan, Umumnya kotoran yang menempel pada daerah ini berupa daki dari jari-jari anda sendiri saat sedang berkeringat, sehingga menumpuk dan menjadi kotoran yang tidak enak dipandang. Ini sebenarnya tidak berpengaruh terhadap rusak atau tidaknya gitar anda,akan tetapi kondisi guitar yang kotor dapat mengurangi minat kita untuk memainkannya.
  6. Kendorkan Seluruh senar apabila gitar ternyata tidak aktif, atau anda kurang memainkannya dalam kurun waktu yang lama
Lumayan mudah Bukan? Itu Tidak memerlukan Skill khusus, jauh lebih mudah dari pada anda bermain melodi, Jadi tidak ada salahnya, jika kita sedikit meluangkan waktu sejenak untuk memberikan sedikit perhatian pada guitar anda, apalagi jika kita pikir-pikir itu Guitar kita sendiri.

Oleh karena itu, sayangilah guitar anda, perhitungkanlah seberapa besar biaya yang akan anda keluarkan jika anda harus mengeluarkan biaya tambahan lagi hanya untuk memperbaiki guitar anda yang seharusnya belum rusak jika terawat dengan baik.


Sekian untuk kali ini, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat... Untuk Itu Salam Guitar Lover
Blog, Updated at: October 24, 2013