Kelebihan Bisa Membaca Not Balok

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 3/11/14 | March 11, 2014

Not Balok atau biasa kita kenal dengan istilah Partiture, ini adalah salah satu metode yang diterapkan untuk bisa jauh lebih mengenal dunia musik,, namun saya yakin ada banyak sekali sahabat di luar sana yang beranggapan bahwa untuk bisa membaca not tersebut, adalah pekerjaan yang membosankan, belum lagi ada banyak orang yang mengatakan bahwa sangat sulit untuk bisa membaca partiture tersebut. namun menurut saya rasa itu tidak selamanya benar, hal tersebut Relative tergantung dari kita sendiri dan sejauh mana pemahaman kita masing-masing.

JIka sahabat memang sangat serius dalam hal ini adalah yang ingin serius untuk lebih memahami dunia musik sebaiknya sahabat juga turut untuk tahu bagaimana itu Not balok, mungkin sahabat berfikir bahwa "saya hanya ingin belajar gitar saja, saya hanya ingin menguasai gitar saja, dan tidak perlu paham akan hal tersebut, jadi buat apa saya belajar not balok lagi, apalagi sejauh ini, permainan gitar saya juga sudah cukup memadai. dan saya rasa tanpa tahu dengan yang namanya not balok, tidak akan mempengaruhi permainan gitar saya"

Memang benar seperti itu,, dan hal tersebut memang lumrah-lumrah saja, dan tidak ada paksaan untuk mau atau tidak mau, itu atas kehendak sahabat sendiri, jujur saja, dulu saya juga sempat  berfikiran seperti itu sebelumnya, tapi perlu sahabat ketahui bahwa jika kita mahir dengan yang namanya not balok itu, ternyata ada kelebihan tersendiri dibandingkan jika kita tidak tahu sama sekali, dan itu yang saya rasakan saat ini. misalnya saja.

  1. Kita Bisa Memainkan semua lagu Meskipun kita sama sekali belum pernah memainkan Lagu tersebut, selama kita memiliki Partiture lagu tersebut dan saya rasa itu sudah pasti sahabat sudah tahu dari dulu, Jika sahabat hanya bisa Bermain Guitar dan hanya bisa membaca Tabnya saja, sebaiknya sahabat meningkatkannya untuk membaca Partiturenya. karena menurut saya tab saja belum cukup , karena tab Kurang Eksplore dibandingkan dengan Partiture, hal ini disebabkan karena Partiture dilengkapi dengan tempo, key dan masih banyak yang lainnya.

  2. Kelebihan yang kedua yang bisa kita dapatkan adalah Kita juga bisa menulis dengan menggunakan Partiture, itu artinya Jika sahabat ingin mengabadikan Musik sahabat, sahabat bisa menuangkannya dengan cara menuliskannya ke dalam Partiture, Memang sih kita juga bisa menggunakan Tab, Tapi seperti yang saya jelaskan tadi di atas, tab itu kurang Eksplore, Misalnya saja, kita Menemukan beberapa Teknik Permainan Gitar, Nah,, karena kita ingin mengabadikan Teknik tersebut dan takut akan lupa, maka jalan satu-satunya adalah Kita Harus Menulis teknik tersebut, Jika kita hanya mengandalkan yang namanya tab, kadang kita lupa bagaimana itu Tempo setiap nada yang dipetik, itu artinya kita tidak tahu, apakah Disitu kita bermain Cepat, atau lambat, dan saya jamin deh,, jika sahabat tahu yang namanya not balok pasti sahabat juga tahu apa yang saya maksud disini, karena agak Rumit jika kita jelaskan disini, tapi saya janji akan mencoba untuk membagikannya dilain Thread.
  3. jika sahabat hanya berfikiran bahwa mempelajari Not balok Untuk gitar, itu hanya sebatas Gitar saja, jika seperti itu, saya katakan bahwa sahabat sudah keliru, Mengetahui Not balok, itu sama saja kita sudah tahu Membaca Not Yang sebenarnya, dan hal tersebut bukan hanya sebatas Di Gitar saja, Itu juga bisa sahabat terapkan Ke alat musik yang lainnya, Misalnya saja Ke Keyboard, tapi hal itu  Tergantung, apakah sahabat bisa memainkan Alat tersebut. jadi artinya Not Balok itu adalah inti dari Bermain Musik, Itulah tadi mengapa saya katakan bahwa Not Balok Itu Jauh Lebih Eksplore karena penerapannya itu jauh lebih luas, dan bukan berarti untuk satu alat musik saja.
Bagaimana Menurut sahabat sendiri??,, disini saya tidak menjelaskan bagaimana caranya Untuk bisa membaca Not Tersebut, tapi Sahabat tidak perlu Khawatir, Nanti akan saya jelaskan, bagaimana caranya, Cukup sampai disini dulu ya,, Akhir kata Salam guitar Lover....
Blog, Updated at: March 11, 2014