Sisi Tersulit Bermain Gitar

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 3/11/14 | March 11, 2014

Saya Pernah mendengarkan orang berkata bahwa bermain dan menguasai gitar itu sangat lah mudah, dan bahkan bahkan ada juga lho pernah saya tpernah lihat ada situs yang konon bisa menguasai gitar dalam waktu beberapa hari saja,, tapi saya rasa itu adalah hal yang sangat mustahil,, kenapa?? yaaa karena bermain gitar itu dibutuhkan waktu yang tidak sedikit, jadi jika sahabat juga beranggapan seperti di atas, itu berarti anda adalah orang yang keliru,, bagaiman tidak, untuk bisa menguasai Chord - Chord dasar saja, itu membutuhkan waktu sekurang-kurangnya sebulan, itu jika kita latih secara teratur, dan bahkan bisa lebih lho,, itu berdasarkan pengalaman saya.

Selain hal di atas tadi, saya juga pernah mendengar bahwa bermain gitar itu, jauh lebih mudah jika kita bandingkan dengna bermain Keyboard, Apakah benar seperti Itu?? Bisa ia Bisa juga Tidak,, Tapi menurut pendapat saya sendiri,  Justru saya mengatakan sebaliknya, Gitar itu Justru lebih rumit, baik itu dari segi penguasaan alat dan sebagainya,, saya tidak bermaksud untuk Mengedepankan gitar dibanding kan dengan Keyboard, Keduanya salma-sama alat musik, keduanya bisa menghibur pendengarnya, tapi masalahnya bukan disitu. sejauh ini yang saya temukan sebelumnya, ternyata ada beberapa tinggkat kesulitan yang bisa kita rasakan saat bermain gitar, dan menurut saya hal tersebut memang sangatlah logis, dan salah satunya yakni

Bermain Gitar Itu harus Bersih, Coba sahabat perhatikan untuk hal ini, saya rasa sahabat sudah tahu bahwa bagian tersulit jika kita bermain gitar adalah mencoba untuk menjadikan permainan gitar kita menjadi bersih apalagi jika kita memainkan Gitar Listrik, hal tersebut sudah jelas tidak bisa kita temukan pada saat kita bermain keyboard, Bermain keyboard memang juga sangat sulit, butuh sinkronisasi terhadap kedua tangan, dan kelenturan jari-jemari kita untuk menekan not-not tapi, jika kita berbicara mengenai kebersihan permainan, Justru Gitar Jauh lebih rumit, butuh teknik-teknik tersendiri untuk meminimalisir kotornya permainan kita, Silahkan Lihat Teknik Palm Mute

Selain itu adanya Not Ganda, ia, Gitar memiliki Not ganda, maksud saya, kita menemukan Not yang kembar alias sama diantara keseluruhan senar-senar yang ada, dan biasanya hal tersebut biasanya kita manfaatkan saat kita melakukukan Penyeteman atau Tuning Guitar jadi Coba sahabat perhatikan, Nada E Saja yang memiliki Octave yang sama, itu ada 6 Buah persamaan, dan itu selaras dengan jumlah senar yang ada, Terus apa yang menjadi masalah disini ??, mungkin sahabat bingung, dan tidak akan mempermasalahkan hal tersebut, tapi pada dasarnya, Justru itulah tinggat kesulitan tertinggi gitar dibanding dengan alat musik yang lainnya, (selain alat Petik), Sulitnya itu saat kita Membaca Partiture atau Not Balok, jujur saja hal ini baru saya temukan semenjak saya mencoba untuk masuk ke Yamaha Music School beberapa tahun belakangan ini, dan memang justru dengan adanya persamaan nada tersebut, membuat kita bingung mengambil acuan awal, ketika kita membaca Not Tersebut, Misalnya gambar berikut,


BElajar Bermain Gitar


Pada Gambar di atas, coba sahabat perhatikan, nada pertama adalah Nada D (Octave Ke 2 ) pada Gitar, tentunya seperti yang kita tahu bahwa, Nada D tersebut jelas memiliki 5 persamaan, Yakni Senar 2,3,4,5dan 6, perhatikan gambar di bawah ini


BElajar Bermain Gitar
D


Jadi bayangkan saja, untuk memulainya saja kita harus memilih senar yang mana yang kita mainkan, tentunya itu juga memiliki aturan-aturan atau rule, Nah,, itu jelas sangatlah berbeda dengan alat musik Lainya , Misalnya Keyboard, jelas Keyboard tidak memiliki persamaan nada demikian, artinya, saat kita membaca Not blok untuk Keybord, jauh lebih mudah karena kita tidak perlu memilih, melainkan harus menghapal letak nada berdasarkan Partiture yang kita baca,  jadi dalam hal ini jelas Gitar jauh lebih rumit dalam hal Prakteknya, walaupun Keyboard mungkin jauh lebih Eksplore lagi.

Sejauh ini yang saya alami, hanya itu tingkat kesulitan yang dimilik oleh gitar, tapi meskipun demikian selama kita masih tetap mau untuk belajar, jauh lebih tekun lagi, saya rasa itu bukan menjadi satu kendala yang berarti, jadi tulisan ini hanya sekedar share saja, tidak ada maksud lain, apalagi dengan  hal-hal yang berbau negative, bukan seperti itu, baiklah saya rasa semua sudah saya jelaskan di atas, sekian dan akhir kata, salam guitar Lover.
Blog, Updated at: March 11, 2014