Belajar Gitar Pentatonic Scale Mayor Dan Minor

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 12/29/13 | December 29, 2013

Salam Guitar Lover,, ada satu jenis Guitar Scale  yang sangat penting dan menurut saya wajib hukumnya untuk diketahui Khususnya bagi para pemula di dalam dunia gitar,, dimana yang admin maksud adalah Pentatonic Scale atau biasa kita kenal dengan Lima nada.. tapi sebelum kita membahas lebih jauh mengenai Scale ini,, tentunya hal yang paling utama untuk diketahui adalah, yang mana Kelima Nada yang di maksud disini?. Itu jelas mempunyai pola atau landasan dari mana kita mengambil tangga nada tersebut.

Pada dasarnya tangga nada Pentatonic berasal dari tangga nada Mayor,, Mengenai tangga nada Mayor anda bisa melihatnya di sini Belajar Tangga Nada Mayor. yang mana tangga nada tersebut mengalaimi Pengurangan nada atau bisa kita katakan Menghilangkan beberapa nada sehingga Nada yang tersisa tadi menjadi Pentatonis atau tinggal 5 Nada.

Yang mana Nada Tersebut?? Nada yang dimaksud  Antara lain adalah :

C – D – E – G – A – C

Jika kita Lihat dan membandingkannya dengan Tangga nada Mayor,, Berarti Kita menghilangkan nada F dan B. akan tetapi dalam Guitar Theory, nada yang dihilangkan tersebut,, bukan berarti asal, atau sembarangan,ada aturan tertentu, coba anda perhatikan dengan seksama, nada yang dihilangkan tersebut adalah nada  yang mempunyai jarak interval Setengah atau ½ Ton saja. Jadi nada yang mempunyai jarak 1 Ton,, Tetap.  Sudah paham Bukan?

Lihat Gambar  di bawah ini,

Belajar Pentatonic Scale
Contoh Tab Mayor Pentatonic

Mayor Pentatonic Scale
Mayor Pentatonic Scale

Belajar Pentatonic Mayor Scale
Mayor Pentatonic Scale



















Gambar di atas adalah salah satu contoh yang mana saya ambil dengan berdasarkan Nada C = Do,Atau bisa kita katakan C Mayor Pentatonic, karena untuk mempermudah saja nantinya, untuk yang lainnya, anda bisa mengembangkannya sendiri,, anda cukup mentranspose nada, atau menggeser  letak tangan anda, untuk mendapatkan root atau dasar Tangga nada yang lainnya,, Misalnya D=Do,E=Do dan sebagainya.

Nah!! Di atas telah kita jelaskan mengenai Pentatonic Mayor Scale, selanjutnya bagaimana dengan yang minor? Itu cukup mudah,anda hanya perlu mencari dimana letak nada minor dari Root atau nada dasar tersebut, seperti yang saya jelaskan di beberapa artikel terdahulu bahwa untuk mencari nada Minor dari tangga nada Mayor kita harus mengambil nada yang mempunyai urutan Ke 6 dari nada dasar.

Sebagai contoh, seperti yang kita ketahui bahwa  gambar di atas mempunyai Nada Dasar C=Do, Jika kita hitung berdasarkan Urutan Nada yang ada pada Tangga nada Mayor dan Kita Ambil nada Ke Enam, disitu kita mendapatkan Nada A, dengan demikian Nada A, tersebutlah yang kita jadikan sebagai dasar Minornya Minor.itu tidaklah jauh berbeda dengan Pentatonic Scale, prinsipnya sama saja.

Nah!!,, jadi dari beberapa penjelasan tadi di atas, bisa kita simpulkan bahwa Pentatonic Mayor dan Pentatonic Minor, itu sama saja jika kita memainkan tangga nada Mayor dan Minor, dengan catatan pada pentatonic Scale,, kita menghilangkan nada yang mempunyai jarak Setengah saja atau ½ ton saja. Oleh karena itu,, saya harap sampai disini para sahabat Guitar Lover sudah bisa memahami tentang Pentatonic Ini. jika ada yang kurang jelas atau kurang di mengerti anda bisa menggunakan Kotak komentar di bawah,, Cukup sekian dan salam Guitar Lover…
Blog, Updated at: December 29, 2013