Mengetahui Nada Dasar Suatu Lagu

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 2/27/14 | February 27, 2014

Salam guitar lover, hal yang sudah menjadi kepastian adalah Setiap lagu itu pasti mempunyai satu buah nada dasar, dan tentunya nada yang saya maksud adalah apakah itu Ber Nada dasar Mayor Atau pun Minor, di mana kunci nada dasar atau biasanya kita sebut dengan istilah Root digunakan untuk kita jadikan satu patokan untuk masing-masing lagu, selama ini saya rasa masih sangat kurang yang paham bagaimana kita bisa tahu, atau bagaimana bisa kita menentukan suatu Nada Dasar dari setiap lagu yang kita dengar, yang saya ketahui, cara yang paling terbaik adalah terus melatih dan terus untuk melatih Feel Sahabat tentunya, sehingga secara tidak langsung Otak sahabat bisa membedakan antara Mayor dan Minor.

Namun meskipun demikian sebenarnya ada  hal yang perlu sahabat perhatikan untuk menentukan rootnya,, Nah,, Sebelum kita membahas lebih jauh lagi, Perlu saya tegaskan kembali bahwa Nada dasar itu pada dasarnya hanya dua, Kalau bukan Mayor Ya sudah pasti Monior,, Dan tentunya kedua nada antara nada Mayor Dan Minor tersebut sudah pasti saling berkaitan, Berkaitan yang saya maksud disini adalah Jika sahabat Bermain Nada Dasar GMayor Maka Pasti Minornya adalah Eminor, begitu juga dengan sebaliknya, dan itu pernah saya jelaskan di beberapa pertemuan yang lalu, sahabat hanya berpatokan pada itu saja. Jadi saya kita tidak perlu membahas hal tersebut Lebih Jauh.

Nah yang menjadi kendala utama yang ingin kita bahas ini, adalah bagaimana kita bisa mengetahui Nada dasar Dari Lagu Tersebut? Menurut saya itu tidak terlalu rumit kok,  satu cara yang biasa saya lakukan untuk mengetahui apa nada dasar dari lagu yang saya dengar. yaitu dengan Mengenali Irama dari lagu tersebut, Saya percaya bahwa Nada Dasar itu Berhubungan dengan Nuansa suatu Lagu, Artinya Dalam satu lagu  memiliki irama kalau bukan  Sendu pasti bernuansa Ceria, sejauh ini yang saya ketahui. Jika lagu Tersebut memiliki irama yang  Ceria lebih cenderung ber Nada Dasar Mayor, dan jika lagu tersebut memiliki irama sendu, maka cenderung bernada dasar Minor, jadi mungkin ini bisa memperjelas, mengapa Aliran Musik Dangdut di negeri kita itu,, umumnya memiliki Nada dasar minor.

Satu contoh kecil yang bisa saya berikan kepada sahabat adalah Lagu Dari J-Rock yang berjudul Ceria, coba saja liat Chord Gitar nya,, pasti yang menjadi nada dasar adalah nada Mayor,, dan itu hanya merupakan contoh dasar saja, masih banyak contoh-contoh lain yang bisa kita lihat Diluar sana. jadi untuk mengetahui suatu nada dasar dari lagu intinya hanya ada pada Nuansa Lagu tersebut. tapi  kadang Lho kita juga agak kesulitan untuk menentukan irama dari lagu tersebut, jadi untuk tambahan, jika sahabat hendak mencari suatu nada dasar suatu lagu, sebaiknya sahabat bermain di C Dulu, Kemudian Cobalah untuk menyesuaikan suara sahabat dengan nada CMayor tersebut sambil bernyanyi,, jika tidak sesuai,, maka jangan ragu sudah pasti itu memiliki dasar di minor, dalam Hal ini adalah aminor. jangan terlalu memikirkan dulu untuk menyamakan nada dasar yang aslinya ada pada lagu tersebut.

Selanjutnya, setelah dasar telah ditemukan, Coba deh untuk mencari pasangan-pasangann chord yang lainnya. jika telah selesai sahabat tinggal menyamakan nada dasarnnya dengan nada dasar lagu yang asli tadi, yaitu dengan cara menggeser (transpose) Nada nya Naik (Kalau cenderung lebih rendah) dan turunkan Kalau nada cenderung lebih tinggi. saya rasa itu saja kok,, tidak ada hal yang rumit disini,, jadi untuk yang dasar, saya sarankan untuk mencari di CMayor dulu. Oke Its All,, cukup sekian dan salam guitar Lover....
Blog, Updated at: February 27, 2014