Belajar Teknik Gitar String Skipping Paul Gilbert

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 3/8/14 | March 08, 2014

Alat musik yang satu itu memang tidak ada habisnya untuk kita bahas, Salah satunya adalah mengenai teknik permainan,, salah satunya adalah String Skipping,, Pernah dengar Teknik tersebut,, itu lho yang sering di gunakan Oleh Si Paul Gilbert,, baiklah saya perjelas dulu, kita bahas dulu apa itu string skipping, String skipping pada dasarnya jika kita bawa ke bahasa kita bisa kita katakan teknik melangkahi senar, atau yang lebih jelasnya teknik tersebut mayoritas melangkahi senar untuk beralih ke nada yang lainnya. saya rasa  kurang lebih seperti itu apa yang dimaksud dengan string skipping, masih bingung?

Sebenarnya sih jika kita ungkap dengan kata-kata saja mungkin agak rumit untuk di pahami, meskipun di atas sudah cukup detil menurut saya, daripada kita panjang lebar, Nah!, di bawah ini saya sudah mempersiapkan  contoh apa yang saya maksud dengan string skipping

String Skipping gitar teknik
Paul Gilbert String Skipping


Di atas itu adalah salah satu teknik String skipping yang sering di gunakan oleh Paul Gilbert,  biasanya teknik tersebut selalu dipakai waktu solo Guitar setiap ada konser, jadi jika sahabat selama ini sempat bingung bagaimana memainkan string skipping yang digunakan oleh si paul, sekarang sahabat sudah bisa memainkannya, cukup meniru apa yang ada di tab gitar di atas tadi. tapi  menurut saya  teknik ini, mamang sangat baik untuk kita pelajari dan dikuasai, baik untuk menambah kelenturan jari-jemari kita, juga sangat cocok  dalam hal improvisasi, sahabat cukup memberikan sedikit kombinasi-kombinasi yang lainnya sehingga ada sedikit perbedaan dan bukan tidak mungkin, hal tersebut bisa menjadi teknik yang berkarakter buat sahabat sendiri.

Sedikit tambahan,Jika kita  perhatikan secara seksama, Teknik guitar ini rata-rata mengikuti pola Sweeping pada umumnya dan memang seperti itu, namun yang membedakannya yaitu adanya perubahan posisi pada jari-jari, dimana String Skipping kita diharuskan untuk sedikit berusaha menjangkau kolom-kolom yang agak melebar(Streeching). meskipun polanya sama saja jika kita memainkan Swepping.jika kita berbicara mengenai nada dasar,  Contoh di atas tadi Mempunyai Root Di Eminor. itu artinya Mayornya sudah pasti ada Di GMayor, jika masih kurang mengerti mengenai hal tersebut silahkan sahabat Lihat di Mayor Scale dan Minor, jadi sahabat coba saja untuk bereksperiment dengan mengikuti pola Guitar Tab tersebut di atas.

Tidak Mudah Loh untuk menguasai Teknik String skipping, Letak kesulitan dari teknik ini saya rasa anda juga akan tahu sendiri, Khususnya pada saat kita melangkahi senar menuju ke senar berikutnya, biasanya kendala terbesarnya adalah Pick selalu saja menyentuh atau menyenggol senar yang dilangkahi tersebut , atau saat beralih ke senar yang lainnya, sehingga menyebabkan permainan jadi kotor. tapi itu hal yang biasa, namanya juga belajar, apa lagi baru  pemula, jadi jangan heran jika agak rumit untuk diterapkan walaupun itu dalam tempo yang relative lambat. sebaiknya untuk mempelajari teknik tersebut, usahakan untuk memulainya dengan perlahan, jangan mencoba untuk bermain cepat. Kecepatan itu akan datang sendiri nantinya, selama anda mau terus berusaha.

Oleh karena itu selamat berkreasi,, Semoga tulisan ini bisa memberikan sedikit manfaat

Salam !!! ^-^
Blog, Updated at: March 08, 2014