4 Tips Dasar Mahir Bermain Gitar

Posted By Web Admin ( Askhy ) on 5/2/14 | May 02, 2014

Salam Guitar Lover,, mahir memainkan suatu melodi adalah Satu impian atau cita-cita kita sebagai pemain gitar, yang terus berupaya dan terus berusaha untuk bisa memaksimalkan permainan kita, memang ada banyak sekali tutorial-tutorial yang harus kita pahami, baik itu berupa Teknik-teknik bermain gitar,Tips-tips pokoknya harus banyak tahu dan memahami yang semacam itu,tapi kadang juga kita sebagai pencari ilmu, khususnya di bidang gitar ini, kadang kita tidak tahu kita harus memulainya dari mana, bermain gitar itu ibaratnya itu sebuah catur, yang mana langkah awal itu adalah penentu bagaimana akhir dari permainan tersebut. apakah kalah ataukah menang. Kalah ataupun menang disini adalah berhasil kah atau tidak nya kita untuk bisa Mahir bermain gitar sesuai dengan apa yang telah kita harapkan selama ini.

Memang sih, yang namanya mahir bermain gitar itu kuncinya adalah latihan, dan terus latihan, dan selama kita terus berlatih maka insyah allah semua itu bisa tercapai, tapi yang menjadi masalah bukan disitu, Mungkin sahabat pernah berfikir atau pernah mendengar seorang berkata seperti ini " Kok dia bisa jago main gitar-nya bahkan melebihi kemampuan saya, padahal saya tuh belajar main gitar jauh lebih dulu ketimbang dia, Apa memang dia berbakat ya dari pada saya?", bakan itu memang salah satu anugerah terbesar yang di berikan oleh tuhann kepada kita, tapi bukan itu satu-satunya yang menjadi faktor penentu terhadap keberhasilan kita memainkan gitar, sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut bisa saja terjadi dan umumnya yang menjadi penyebab adalah hal-hal yang sepele misalnya:

Fingering atau Penjarian
FIngering atau biasa kita kenal dengan Penjarian adalah hal yang paling sering kita dengar di dunia Guitar, Pola Fingering itu sangatlah sederhana sehingga ada banyak yang menyepelekan hal tersebut, memang kedengarannya sepele, tapi menurut saya Fingering juga menjadi faktor penentu terhadap kelenturan jari-jemari kita dalam memainkan gitar, di dalam dunia gitar, fingering itu ibaratnya suatu pemanasan, yaa sama jika kita sedang berolah raga butuh pemanasan terlebih dahulu sebelum masuk ke bagian inti olahraga tersebut.

fingering bukan hal yang sangatlah sulit untuk kita pelajari penerapannya itu sangatlah simple alias sederhana sekali tapi yang sulit itu adalah kadang kita lupa mencoba untuk menerapkan Fingering tersebut setiap pertama kali kita memegang gitar, Bukan seperti Itu?, Mengatur pola penjarian saat kita memainkan gitar memang tidak akan sahabat rasakan untuk saat ini, Tapi coba sahabat lakukan secara rutin, maka saya akan jamin sahabat akan menemuka manfaatnya di masa yang akan mendatang, jika sahabat Guitar Lover belum paham akan Fingering, sahabat bisa lihat di Memahami Senam Jari / Guitar Fingerings.

Metode Latihan
Metode latihan juga mempunyai peranan penting disini, saya rasa inilah salah satu jawaban tentang pertanyaan tadi di atas mengenai cepat atau tidaknya kita menguasai Guitar,lihat yang pernah kita bahas di beberapa pembahasan sebelumnya mengenai Metode Latihan Yang Benar dengan menerapkan beberapa metode  Latihan yang benar seperti itu, Coba lihat nanti, sahabat akan merasakan beberapa peningkatan daripada sebelumnya. saya yakin dan percaya bahwa orang yang teratur latihannya, akan cepat berkembang dibandingkan jika hanya latihan sembrautan saja,  sahabat tahu sendirilah apa yang saya maksud disini.

Ketahui Dan Pahami
Kita tahu yang namanta bermain gitar, itu sangatlah erat kaitannya dengan Menghafal, Baik Itu Chord, Scale , Guitar Technique, dan masih banyak yang lainnya, namun ternyata ada satu sisi yang tertinggal atau kurang disini, yaitu kekurang pahamannya kita terhadap suatu - hal yang dipelajari tersebut, Misalnya saja, kita tidak perlu jauh-jauh mengambil Contoh, Misalnya Chord dasar,saya sangatlah yakin bahwa yang namanya Chord dasar itu, sudah bukan menjadi hal yang rumit lagi, dan sudah menjadi sarapan keseharian kita dalam memainkan gitar, tapi jika saya tanya sahabat, Apakah sahabat Sudah tahu Bagaimana Chord Dasar Itu Terbentuk??? saya yakin tidak semua sahabat pembaca sekalian mampu menjawab pertanyaan yang sangatlah sederhana itu.

Kecuali sahabat sudah Membaca di  Dasar Pembentukan Guitar Chord. itulah masalahnya, yang namanya belajar bermain Guitar itu, pasti ada tahap-tahapnya, jadi bagaimana sahabat bisa memahami Teori-Teori yang jauh lebih Sulit, jika teori yang mendasar saja sudah kandas sampai di sini. olehnya itu, sahabat jangan heran jika nanti akan kebingungan untuk memahami suatu teori-teori yang jauh lebih compleks lagi, misalnya sahabat ingin mendalami Blues, Jazz dan sebagainya,  Jadi Rumus untuk bisa mahir bermain gitar itu adalah sederhana saja, yakni Ketahuilah dan Pahamilah. itu saja kok.

Teruslah Mencari.
Untuk mahir memainkan gitar itu, tidak sekedar tahu sampai disitu saja, kita di tuntut untuk aktif dan jauh lebih kreativ dalam hal meningkatkan Permainan kita, teruslah untuk mencari dan terus mencari baik berupa teknik-teknik permainan, Tips-tips bermain gitar dan lain-lain sebagainya, saya rasa untuk hal yang satu ini tidaklah terlalu sulit untuk di terapkan.Cukup Bermodalkan Internet saja, yang penting ada kemauan saja. tanpa adanya modal tersebut, sebaiknya sahabat sandarkan saja gitar saudara, kecuali memang jika loe bermain gitar hanya sekedar ingin melepas penat dan iseng-iseng sebagai sarana untuk hiburan semata, maka mengetahui dasar-dasar chord saja itu sudah cukup


Cukup Sekian Salam !!
Blog, Updated at: May 02, 2014